Tanya Dokter

  • telat haid 2 bulan dan sakit perut

  •  taya fesy
    Anggota

    selamat pagi dok. dok umur saya baru 20 tahun tapi saya memiliki mens yg tidak teratur bahkan saya bisa tlt nyampe 2 bulan lamanya. saya juga memiliki keluhan sakit di bagian bawah perut yg sangat luar biasa. ada apa dengan saya dok. mohon jawaban nya makasih .

    Hai,

    Menstruasi merupakan siklus alami pada tubuh wanita. Kurun waktu siklus menstruasi normal berkisar 21-35 hari. Menstruasi dapat berlangsung 2 hingga 7 hari. Nyeri haid dapat timbul pada perut bawah hingga menyebar ke punggung dan paha. Nyeri dapat dirasakan cukup parah dan mengganggu aktifitas sehari-hari.

    Wanita yang mengalami menstruasi secara tidak teratur, kondisi ini disebut sebagai oligomenorrhea. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya adalah:

    • penggunaan kontrasepsi
    • perubahan berat badan yang drastis
    • stres
    • terlalu banyak berolahraga
    Perubahan pada siklus menstruasi belum tentu mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Tetap disarankan agar Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG perut, sehingga penyebab dasarnya dapat diketahui, dan diberi penanganan yang tepat. Contoh kondisi medis yang dapat mengganggu menstruasi adalah kista ovarium dan kegagalan ovarium yang prematur.

    Obat pereda nyeri seperti parasetamol dapat diberikan untuk mengurangi rasa sakit yang ada. Hubungi dokter jika Anda mengalami sakit perut yang tidak tertahankan saat menstruasi.

    Anda dapat membaca lebih detail tentang menstruasi dan nyeri saat menstruasi pada laman berikut :

    http://www.alodokter.com/menstruasi/

    http://www.alodokter.com/nyeri-haid/penyebab

    Di komunitas, kami juga telah membahas mengenai sakit perut saat menstruasi dan menstruasi yang jarang/tidak teratur:

    http://www.alodokter.com/komunitas/topic/mens-tidak-lancar/#post-8484

    http://www.alodokter.com/komunitas/topic/datang-bulan-tidak-lancar/#post-8394

    http://www.alodokter.com/komunitas/topic/nyeri-haid/#post-8232

     

    Semoga membantu.

    Dr. Jessica Winoto