Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika telat menstruasi dan sering kencing

  •  Liya Susanti
    Anggota

    Selamat siang dok,saya telat haid 10 hari,dan saya sering buang air kecil,dan sering merasa mual tapi tdak dpat muntah,badan terasa lemas lelah,payudara sering cenut2, kepala pusing,apakah saya hamil dok?

    Hai, Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Awal kehamilan juga dapat ditandai dengan terlambatnya menstruasi. Gejala sebelum menstruasi dapat hampir mirip dengan gejala kehamilan, seperti payudara lebih sensitif, badan mudah lelah, atau pusing. Anda dapat menggunakan alat uji kehamilan (testpack) yang dijual bebas untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan. Berikut ini beberapa penyebab lain terlambatnya menstruasi:

    • gaya hidup, seperti kurang istirahat, stres, pola makan buruk
    • sindrom ovarium polikistik
    • gangguan kelenjar tiroid
    Usahakan untuk tetap konsumsi makanan bergizi secara teratur. Cukup minum air putih dan tidak mengabaikan rasa saat ingin BAK. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Batasi kafein/ alkohol, tidak merokok. Lakukan olahraga rutin. Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut, Anda juga dapat periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah, tes urin, atau USG. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan.     Semoga bermanfaat, dr. Jessica