Tanya Dokter

  • Pengaruh penyakit tiroid terhadap keterlambatan menstruasi

  •  Fahrurafaf
    Anggota
    Malam dok. Saya melakukan petting dengan pacar saya pada tanggal 9 mei, menurut pacar saya tanggal segitu dia sedang tidak dalam masa subur. Bulan lalu dia haid pada tanggal 13 sedangkan sekarang tgl 20 dia belum haid juga. Selama dua hari ini katanya dia merasakan gejala menstruasi seperti payudara membengkak dan dia merasakan kram diperut sudah sekitar 3/4 hari. Dan dia juga punya penyakit pembengkakan kelenjar tiroid, 2 bulan yang lalu dia mengkonsumsi obat herbal untuk tiroidnya namun baru bulan ini dia berhenti melakukan pengobatan herbal. Apakah tiroidnya itu yang mempengaruhi telat datang bulannya ya dok? Atau hal hal lain seperti kehamilan? Jika memang dari tiroidnya bagaimana cara mengatasinya ya dok. Terimakasih

    Selamat sore,

    Kehamilan dapat terjadi ketika sel sperma sehat bertemu dengan sel telur matang. dari pertemuan kedua sel tersebut jika berhasil terjadi pembuahan, maka hasil pembuahan tersebut akan dibawa ke dalam rahim dan berkembang sesuai dengan usia kehamilan. Sel telur matang dikeluarkan dari indung telur pada masa ovulasi (kurang lebih 14 hari sebelum tanggal menstruasi berikutnya pada wanita dengan siklus menstruasi teratur)

    Ketidak teraturan menstruasi dapat diakibatkan dari gangguan hormon tiroid pacar Anda. Namun tidak semua pembesaran kelenjar tiroid memiliki gangguan hormon tiroid. Jadi sebaiknya masalah pembesaran kelenjar tiroid tersebut diselesaikan terlebih dahulu, obat herbal merupakan suplemen, dan bukan merupakan obat untuk menyembuhkan. pada pembesaran kelenjar tiroid tanpa gangguan hormon tiroid harus dicari terlebih dahulu penyebabnya, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat diberikan terapi secara tepat sesuai dengan kondisi Anda.

    Beberapa hal yang dapat menyebabkan keterlambatan haid :

    • Kehamilan
    • Gangguan hormon (termasuk gangguan hormon tiroid)
    • Kista ovarium
    • Myoma uteri

    Jika yang Anda lakukan hingga penetrasi penis ke dalam vagina dan ejakulasi di dalam vagina, maka kemungkinan kehamilan tetap ada (mungkin salah menghitung tanggal ovulasi atau masa subur), terlebih lagi jika memang sebelumnya tidak pernah didapatkan keterlambatan haid. Saran Saya agar pacar Anda mencoba test kehamilan menggunakan test pack, karena test pack merupakan salah satu metode pemeriksaan kehamilan yang cukup sensitif jika dilakukan dengan tepat. dapat mendeteksi kehamilan paling cepat 1 minggu sebelum tanggal menstruasi selanjutnya, paling terlambat saat kehamilan berusia 6 minggu (2 minggu setelah telat menstruasi).

    Selanjutnya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk masalah tiroid Anda serta untuk keterlambatan haid Anda (untuk haid ke dokter kandungan) sehingga setiap masalah yang terjadi pada pacar Anda dapat diselesaikan dengan terapi yang tepat (bukan obat alternatif menggunakan obat herbal).

    Saran Saya agar Anda tidak melakukan perbuatan yang belum dapat Anda pertanggungjawabkan untuk menghindari kemungkinan yang tidak Anda inginkan.

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat

    dr.Anthony