Tanya Dokter

  • Penyebab telat haid setelah berhubungan intim

  •  karinadeswita
    Anggota
    pagi dok, saya karina umur 21 tahun. siklus haid saya tidak teratur, pada bulan agustus saya haid tgl 15, bulan september saya haid tgl 8, bulan oktober saya haid tgl 7, bulan november tgl 2 saya berhubungan dgn suami saya tp sperma tidak dikeluarkan di dalam, tgl 4 saya berhubungan lagi tp memakai kondom, tgl 12 kemarin saya sudah merasakan sakit perut bawah dan pinggang dan saat testpack hasilnya negatif dok, tp sampai tanggal 15 november sekarang saya belum haid juga.. apakah pada tgl 2 dan 4 november lalu adalah masa subur saya dan terjadi pembuahan? apakah saya hamil? saya berniat menunda momongan karena saya sedang kuliah dan akan menyelesaikan skripsi saya terlebih dahulu.. mohon sarannya dok..terimakasih

    Haii Karina,

    Penting Anda ketahui bahwa siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Hal ini tentu berbeda-beda pada setiap wanita. Dari cerita Anda nampaknya sejak bulan agustus hingga oktober, siklus menstruasi Anda masih dalam rentangan normal meskipun jarak antarsiklus tidak beraturan.

    Hubungan seksual yang dilakukan pada masa subur akan memudahkan peluang terjadinya kehamilan. Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur 28 hari, masa subur (saat ovulasi/saat sel telur dilepaskan ke rahim) adalah sekitar 14 hari +/- 2 hari sebelum menstruasi berikutnya. Menstruasi yang tidak teratur seringkali menyulitkan wanita dalam menentukan masa subur.  Dalam kasus seperti ini, masa subur dihitung dengan mengurangi siklus terpanjang dengan 11 dan siklus terpendek di kurangi 18. Sebelumnya, untuk memperoleh berapa hari siklus terpanjang dan terpendek haid Anda, perlu Anda catat detail dalam 6 bulan terakhir tanggal/hari pertama haid Anda setiap bulannya. Lalu, hitung berapa hari jarak antarhaid Anda. Contoh:

    Agustus, Anda haid tanggal 15. Sedangkan september tanggal 8. Jarak antarhaid tersebut ialah 24 hari. Sementara itu oktober Anda haid tanggal 7, berarti jarak antarhaid bulan Sept-Okt adalah 29 hari.

    Lakukan perhitungan serupa dalam 6 bulan siklus menstruasi Anda secara berurutan, kemudian baru tentukan siklus terpanjang dan terpendeknya sehingga kemudian dapat dimasukkan dalam rumus yang telah tersedia. Anda dapat membaca contoh perhitungannya lebih lengkap DI SINI.

    Di sisi lain dari cerita Anda disebutkan bahwa dalam ketika berhubungan seksual pertama, suami tidak ejakulasi dalam vagina sementara saat berhubungan kedua kalinya, suami Anda menggunakan kondom. Dengan keterangan tersebut saya rasa peluang terjadinya kehamilan hampir mustahil.

    Keterlambatan haid Anda di bulan ini memang melampaui batas normal rentang menstruasi yang teratur, namun bukan berarti menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. Nyeri perut dan pinggang juga bukan tanda pasti terjadinya kehamilan. Bisa saja gejala nyeri tersebut justru merupakan tanda awal akan terjadi menstruasi di bulan ini, dengan kata lain merupakan suatu sindrom premenstruasi.

    Kondisi memanjangnya siklus haid atau rentang haid >35 hari sebagaimana Anda alami kini dikenal sebagai oligomenorrhea. Pemicunya dapat berupa masalah keseimbangan hormon-hormon menstruasi, aktivitas fisik yang terlalu berlebihan, bahkan diet yang terlalu ketat. Meskipun demikian, hal yang perlu Anda lakukan kini adalah observasi dahulu, terlebih ini baru pertama kali terjadi. Bila Anda masih merasa ada kemungkinan hamil (atau mungkin Anda ragu masuk tidaknya sperma saat berhubungan intim), coba lakukan pemeriksaan dengan testpack ulang dalam 2 minggu berikutnya.

    Terkait keinginan menunda momongan, silakan baca artikel berikut mengenai pemilihan metode kontrasepsi: Memilih Alat Kontrasepsi

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima kasih