Tanya Dokter

  • Telat menstruasi setelah berhenti menggunakan kontrasepsi

  •  Susi sormin
    Anggota
    Mlm dok... Dok saya mw taya .. Dok Saya siap melahirkan badan saya gatal-gatal itu ap penyebabnya dok? Setelah tu saya tanya bidan katanya coba kb nya di hentikan dulu.. Setelah saya hentikan kb saya pun tdk dtg bln lagi dok dari bulan 4 sampai saat ne. Da hampir 7 bln saya tdk haid dok.. Tpi saya sedang menyusui dok dan air susu saya jga tdk banyak.. Itu masalahnya ap dok ap saya ad penyakit dok. Trimah kasih dok.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Gangguan menstruasi setelah lepas kb, terutama kb hormonal, kemungkinan disebabkan oleh karena keseimbangan hormonal pada diri Anda yang belum kembali seperti semula. Proses tsb dapat berlangsung berbulan-bulan atau bahkan hingga satu tahun. Selain itu, hormon prolaktin yang meningkat saat Anda menyusui dapat menyebabkan ovulasi atau pematangan sel telur terhambat sehingga tidak ada yang meluruh dan menstruasi tidak terjadi. Maka dari itu, menyusui dapat digunakan sebagai prosedur kontrasepsi alamiah. Namun perlu dipertimbangkan pula adanya gangguan seperti gangguan hormon akibat penyakit tiroid, penyakit PCOS atau bahkan kista dan mioma pada rahim sebagai penyebab tidak menstruasi tsb. Untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan Anda, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lanjutan.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti