Tanya Dokter

  • Solusi atasi nyeri perut dan haid terlambat

  •  fb-yeniyulian
    Anggota

    Dok, saya udah 3 hari sakit perut. Rasanya mirip sakit haid. Namun saya tidak dalam keadaan haid. Siklus haid saya teratur, jika di hitung menggunakan aplikasi perhitungan masa haid, selalu tepat. Namun bulan ini telat. Seharusnya 3 hari lalu itu tanggal di mulai nya haid. Itu gimana ya, dok?

    Hai Yeni, Jika Anda berada dalam masa di mana seharusnya terjadi menstruasi maka nyeri perut yang timbul kemungkinan dapat disebabkan oleh premenstrual syndrome, yaitu kumpulan gejala yang timbul menjelang menstruasi. Selain kram perut, gejala lain yang dapat timbul menjelang menstruasi antara lain perut kembung, kelelahan, timbul jerawat, nyeri otot, perubahan mood, dan sebagainya. Gejala dapat timbul beberapa hari hingga 1 minggu sebelum terjadinya menstruasi, kemudian berangsur mereda hingga menghilang seiring dengan selesainya periode menstruasi. Namun demikian sakit perut yang timbul dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    Sedangkan keterlambatan menstruasi dapat terkait dengan berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormonal, kehamilan, stres psikis, aktivitas berat, penurunan berat badan yang drastis, gangguan hormon tiroid dan sebagainya. Bila keluhan terus berlanjut maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih jauh. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga kondisi tubuh
    • Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas fisik yang berat
    • Menjaga berat badan ideal
    • Hindari diet ketat
    • Jangan memijat atau mengurut bagian perut yang sakit
    • Kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri perut yang timbul
    • Meminimalisir stres
    Artikel berikut ini memuat topik yang terkait: Sakit perut Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    fb-yeniyulian  Hanaa
    Anggota

    Hampir sebagian wanita yang sedang mengalami haid terkadang dan bahkan selalu diiringi dengan sakit perut. Ketahui penyebab sakit perut saat haid dan cara mengatasinya.