Tanya Dokter

  • Dampak telat KB suntik

  • Malam dokter..saya telat kb suntik 2 minggu,karna jagain ibu dirumah sakit..selama itu ga pernah berhubungan sama suami...pas mau kb lagi..apa saya harus tespack dan harus tau merk kb yg biasa digunakan serta terakhir haid??soalny pas kebidan saya diberondong banyak pertanyaan sama bidan
    Febri Dian Sari Sukardi  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Febri,

    Merupakan hal yang wajar bila bidan/tenaga medis Anda menanyakan berbagai hal terkait kemungkinan hamil bila Anda terlambat menggunakan kontrasepsi dan akan melanjutkanya. Hal ini disebabkan kontrasepsi suntik (hormonal) dapat menyebabkan berbagai efek samping yang berbahaya bagi Anda dan kondisi kehamilan Anda bila memang terdapat kehamilan.

    Pada dasarnya bila Anda tidak melakukan hubungan intim sama sekali maka tidak akan terjadi kehamilan. Meskipun demikian, pemeriksaan kehamilan seperti tespack atau USG dapat jadi merupakan prosedur yang wajib dilakukan di instansi kesehatan tempat Anda mendapat penanganan dan ini bertujuan untuk menghindari Anda dari efek samping yang tidak diinginkan.

    Bila Anda merasa ragu atau khawatir mengenai hal ini maka Anda sebaiknya menanyakan hal ini secara langsung dengan bidan atau dokter yang merawat Anda sehingga mendapat penjelasan yang mendetail mengenai hal ini. Pemberian kontrasepsi suntik juga sebaiknya dilakukan selama masa menstruasi Anda (hari pertama s/d hari kelima menstruasi) agar efek kontrasepsi telah bekerja sepenuhnya selepas masa menstruasi Anda.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono