Tanya Dokter

  • Hubungan intim saat telat KB suntik 3 bulan. Akan Hamilkah ?

  • Selamat malam dok....saya mau tanya Istri saya telat kb suntik 3bulan...seharusnya tgl 14-11-2017 suntik kembali tetapi istri saya telat sehari dan pada tgl13 saya berhubungan intim dengan istri saya...apakah akan menyebabkan kehamilan dok... Dan apabila istri saya mau mengganti dengan KB pil bagaimana dok? Apakah akan menunda kehamilan...karna saya belum ingin mempuyai anak lagi...karna anak saya masih kecil
    iman abdul gani  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Iman,

    Kontrasepsi merupakan metode yang dilakukan untuk mencegah atau menunda kehamilan. Metode kontrasepsi sendiri dapat bervariasi dan dapat dipilih berdasarkan kondisi dan kebutuhan Anda/pasangan Anda.

    Kontrasepsi suntik merupakan metode kontrasepsi dengan pengunaan hormon untuk mencegah kehamilan dengan menghambat ovulasi (terlepasnya sel telur), menghambat penempelan hasil pembuahan pada rahim dan menciptakan suasana yang tidak kondusif untuk terjadinya pembuahan.

    Bila istri Anda terlambat melakukan penyuntikan kontrasepsi suntik dan Anda berhubungan intim 1 hari sebelum jadwal penyuntikan maka sangat kecil kemungkinan untuk istri Anda hamil. Anda dan istri Anda sebaiknya tidak perlu merasa khawatir berlebih mengenai hal ini bila tidak terdapat tanda-tanda kehamilan.

    Bila istri Anda ingin menganti pengunaan kontrasepsi menjadi pil maka istri Anda dapat langsung mengkonsumsi kontrasepsi pil tersebut pada jadwal penyuntikan selanjutnya dan menghentikan penyuntikan. Bila Anda atau istri Anda kurang paham mengenai hal ini atau masih merasa khawatir mengenai kondisi kehamilanya maka istri Anda sebaiknya memeriksakan dirinya kedokter untuk memastikan kondisinya dan mendapat informasi yang sesuai dengan kebutuhanya.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Memilih alat kontrasepsi

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono