Tanya Dokter

  • Telat menstruasi namun hasil testpack negatif

  •  Aspurr
    Anggota
    Ass, dok saya mau bertanya. Umur saya dibawah 20tahun. saya mengalami telat menstruasi, di bulan september saya telat 5hari dari tgl yg biasanya tgl 17 jd tgl 23. Dan di bulan oktober saya tidak mengalami menstruasi. Hampir 14hari saya tidak menstruasi. Namun ketika diperiksa dengan tespek hasilnya negatif. Jdi saya harus minum sesuatu atau apakah saya sedang hamil? Karena saya pernah melakukan maaf hubungan seksual namun memakai alat kontrasepsi. Terimakasih dok

    Hai Aspurr,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Hubungan seksual selama dilakukan dengan alat kontrasepsi semestinya sangat kecil potensinya menyebabkan kehamilan, asalkan kontrasepsi tersebut digunakan sebagaimana mestinya. Karenanya, perlu diperjelas dulu, kontrasepsi apa yang Anda gunakan? Apakah sudah digunakan dengan baik sesuai petunjuk?

    Selain karena hamil, terlambat menstruasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya stres, kelelahan, kegemukan, terlalu kurus, efek samping kontrasepsi, atau suatu penyakit, misalnya anoreksia nervosa, bulimia, kista ovarium, kelainan kelenjar tiroid, tumor hipofisis, dan sebagainya.

    Menangani keterlambatan menstruasi ini tidak harus selalu dilakukan dengan konsumsi obat-obatan. Terlebih lagi, obat-obat pelancar menstruasi bukanlah tergolong sebagai obat bebas yang bisa sembarangan dikonsumsi tanpa resep dan pengawasan dari dokter. Apabila tidak ada penyulit yang berarti, keterlambatan menstruasi sebagaimana yang Anda alami umumnya bisa ditanggulangi dengan melakukan pola hidup yang sehat, di antaranya dengan:

    • Perbanyak istirahat
    • Kelola stres dan emosi dengan bijaksana
    • Rajin berolahraga 3-4 x seminggu
    • Makan makanan bergizi seimbang, banyak mengandung antioksidan (sayur dan buah)

    Apabila menstruasi tetap tidak datang, Anda bisa melakukan testpack ulang 1 minggu kemudian. Namun, jika keterlambatan menstruasi melebihi 3 bulan dengan hasil testpack yang negatif, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi ya.. Setelah melakukan USG, dokter umumnya dapat menyimpulkan apa penyebab keluhan Anda, apakah perlu ditangani dengan pemberian obat-obatan hormonal, atau memerlukan terapi khusus lainnya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah