Tanya Dokter

  • Keluar bercak darah setelah berhubungan intim

  •  Kinara_putri
    Anggota
    Dok saya mau tanya, jadi pas tgl 28 oktober tmn saya sedang dalam masa subur dan dia melakukan intim dengan pacarnya. Setelah itu beberapa kalipun dia melakukan intim lagi. Nah seharusnya dia haid itu pada tgl 10 november. Tapi hanya keluar flek coklat pada siang hari dan sedikit darah pada malam hari. Darah itu tidak deras keluarnya. Hanya pada bibir vagina sampai tgl 11 november pun tetap sama. Hanya bercak darah. Apa itu haid normal atau karna pendarahan kehamilan? Terima kasih

    Halo Kinara_putri,terimakasih telah bertanya di forum alodokter,Sebelumnya perlu ditanyakan tentang riwayat teman anda, tanggal terakhir menstruasi? gejala yang menyertai dengan flek? Umumnya periode menstruasi wanita adalah 2-7 hari, dan siklus menstruasi berlangsung setiap 21-35 hari. Terkadang keluhan teman anda tidak selalu merujuk pada kehamilan,karena terddapat beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya flek coklat,seperti kelelahan,pemakaian KB,kurangnya istirahat,olahraga berlebihan. Hal berikut adalah penyebab yang dapat menyebabkan flek:
    1. Kehamilan
    2. Aktifitas berlebihan
    3. Kurang istirahat
    4. Penggunaan Kb hormonal
    5. penyakit lain yang menjadi penyebab
    6. DLL
    teman anda harus tetap berwaspada,jika keluhannya disertai nyeri perut terus menerus,darah yang bergumpal,perdaraahn terus menerus,dapat segera berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan. Beberapa penanganan sementara yang dapat dilakukan:
    1. istirahat cukup
    2. Tidak beraktifitas berlebihan
    3. makan makanan bergizi dan minum multivitamin
    4. Kelola stress
    5. Untuk memastikan kehamilan atau bukan,teman anda dapat menggunakan cara sederhana tapi akurat,yaitu dengan pemakaian tes pack yang dijual di pasaran (usahakan pemakaian sekitar 7-10 hari paska berhubungan),atau dapat segera berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen