Tanya Dokter

  • Telat menstruasi setelah laparoskopi

  • Siang Dok

    Bulan MAret 2017, saya oprasi Laparoskopi Saluran tuba sebelah kanan, dikarenakan infeksi dan tersumbat. Setelah operasi saya tidak mens sampai bulan Juni, lalu saya kembali ke dokter dan dikasih obat, setelah seminggu minum obat saya mens. Waktu saya ke dokter, dibilang tidak apa-apa, hal ini biasa terjadi, karena ketidakseimbangan hormon saja. Sampai dengan bulan ini saya belum mens lagi dok. berarti hampir 4 bulan lebih. Kenapa ya dok...? 
    Waktu sebelum operasi mens saya tidak pernah telat. Kalaupun telah paling hanya hitungan minggu saja.

    Mohon saran dan masukannya dok.

    Terimakasih

     

    Hai Rina. Wanita memiliki 2 indung telur dan 2 tuba berupa kanan dan kiri dimana keduanya dapat menghasilkan telur secara bergantian dan jika tuba normal maka pelepasan sel telur akan berjalan baik. Namun, jika ada hambatan seperti adanya infeksi pada tuba, siklus menstruasi bisa saja menjadi tidak teratur. Setelah anda melakukan operasi pun, siklus menstruasi bisa terganggu oleh karena tubuh anda sedang melakukan pemulihan diri sehingga hal tersebut bisa menyebabkan hormon tidak seimbang karena terjadi penekanan hormon agar tubuh dapat berkonsentrasi mnegatasi bagian yang sakit. Selain itu, stres akibat operasi atau penyakit yang anda alami juga dapat memberikan efek serupa berupa gangguan siklus menstruasi. 

    Secara umum, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh 

    1. Pola hidup yang kurang sehat seperti pembatasan asupan makanan berlebihan, kelelahan fisik serta kurang istirahat

    2. Stress psikis

    3. Adanya kondisi klinis tertentu seperti radang panggul, sindrom polikistik ovarii, endometriosis

    4. Kehamilan

     

    5. Penggunaan kontrasepsi 

    Konsultasikan dengan dokter kandungan anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Pemeriksaan fisik dan USG serta HSG dapat membantu terutama untuk menilai tuba paska operasi. Hal yang dapat anda lakukan adalah, mengingat anda paska melakukan operasi, maka anda harus mengonsumsi nutrisi yang cukup bagi tubuh seperti makanan 4 sehat 5 sempurna, perbanyak konsumsi air putih, istirahat cukup, kelola stres, dan hindari beraktivitas berat yang memberatkan perut bagian sisi operasi. Berikut mengenai menstruasi tidak teratur. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa