Tanya Dokter

  • Telat suntik KB 3 bulan tetapi sudah berhubungan

  •  elsa fitria
    Anggota
    Dok, 10 hari saya telat KB 3bulan. Karna tidak sempat. Lalu saya berhubungan dgn suami saya baru 1x tetapi suami sy mengeluarkannya di luar , stelah itu bsk nya sy baru ke bidan suntik 3 bulan lagi . Apakah bsa menyebabkan kehamilan ? Trims ..

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com

    Kehamilan dapat terjadi apabila sel sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Sel sperma dapat bertahan sampai dengan 7 hari di dalam rahim. Apabila wanita mengalami ovulasi / pelepasan sel telur dalam waktu 1-7 hari setelah berhubungan maka kehamilan mungkin saja dapat terjadi. Saat ejakulasi, seorang pria dapat mengeluarkan cairan sperma sebanyak 2 - 5ml, dan terdapat kurang lebih 20 juta sel sperma per ml. Oleh sebab itu sedikit saja cairan sperma yang masuk ke dalam vagina dan bila wanita sedang dalam masa subur maka dapat terjadi kehamilan. Hubungan seksual yang dilakukan dengan ejakulasi di luar vagina tetap memiliki risiko untuk menyebabkan kehamilan, hal ini dikarenakan :
    • Terlambat mengeluarkan penis, sehingga ejakulasi sudah terjadi saat masih di dalam vagina, sehingga ada cairan sperma masuk ke dalam vagina
    • Keluarnya cairan pre-ejakulasi yang mengandung sperma, sehingga meskipun ejakulasi dilakukan diluar, namun tetap terdapat sperma yang masuk ke vagina saat hubungan intim.

    Hubungan intim dengan pengeluaran cairan ejakulasi di luar vagina disebut juga sebagai senggama terputus. Senggama terputus merupakan salah satu metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, namun kemungkinan untuk hamil masih cukup tinggi. Apalagi hubungan intim dilakukan tanpa menggunakan alat kontrasepsi.
    Penyuntikan KB merupakan salah satu suntikan untuk pencegahan kehamilan. Penyuntikan KB terdiri dari KB 1 bulan dan KB 3 bulan. Suntik KB 3 bulan merupakan salah satu jenis suntik KB yang hanya mengandung hormon progesteron. Sama seperti preparat progesteron lainnya, salah satu efek samping yang paling sering dialami jika seseorang melakukan KB adalah gangguan menstruasi, dapat berupa pemanjangan ataupun pemendekan siklus menstruasi, perdarahan yang banyak atau sedikit, perdarahan tidak teratur, perdarahan bercak/ spotting, bahkan tidak menstruasi sama sekali.

    Tanda-tanda kehamilan dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
    • Tanda tidak pasti : berhentinya siklus menstruasi, mual dan muntah, sering BAK, payudara membesar, kulit hidung, pipi, dahi dan puting menghitam, varises
    • Tanda kemungkinan hamil: hasil testpack positif dan terabanya bagian tubuh janin pada pemeriksaan
    • Tanda pasti hamil: terlihatnya gerakan janin dan denyut jantung janin melalui USG

    Untuk sementara waktu, Anda dapat melakukan testpack di rumah untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak.  Testpack dapat dilakukan 8 hari setelah berhubungan seksual dan tidak perlu menunggu sampai terlambat haid. Testpack cukup akurat apabila digunakan sesuai petunjuk cara pemakaian testpack dengan benar untuk menghindari hasil positif palsu dan negatif palsu. Apabila hasil testpack anda negatif, lakukan testpack ulang pada hari-hari selanjutnya.
    Namun untuk memastikan, saya sarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang.

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
    Salam, dr.Sylvia