Tanya Dokter

  • Telinga nyeri setelah berenang

  •  Bayu Apriawan
    Anggota
    Telinga saya terasa sakit setelah saya selesai berenang di kolam berenang umum.. Smpai saat ini sudah 4 hari saya merasakan sakit nya.. Dan saya sudah memberi obat tetes telinga reco chloramphenicol tpi masih terasa sakit blum ada perubahan.. Tolong beri tahu saya cara mengobati nya..

    Halo bayu......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu diketahui bahwa akhirnya masuk ke dalam telinga dapat meningkatkan risiko Peradangan pada saluran telinga. Peradangan yang dimaksud dapat berupa kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga luar, di mana dalam bahasa medis disebut sebagai otitis eksterna.

    Gejala - gejala yang umumnya dapat muncul diantaranya adalah : telinga sedikit kemerahan, gatal di saluran telinga, nyeri saat daun telinga ditarik, telinga mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau, telinga terasa tertutup oleh cairan, dapat menyebabkan demam.

    Oleh karena Anda telah menggunakan obat - obatan dan hal ini juga tidak kunjung Mereda, maka kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT (  telinga - hidung - tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian telinga, endoskopi THT, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Salam,

    @dr.jati