Tanya Dokter

  • Cara mengeluarkan air yang masuk ke telinga

  • Halo dok, Gimana nih cara mengeluarkan air yang masuk ketelinga bagian tengah, (belakang gendang telinga).

    Muhammad Arfas AS February 22, 2015 at 10:17 pm
    Halo dok, Gimana nih cara mengeluarkan air yang masuk ketelinga bagian tengah, (belakang gendang telinga). Mohon dok petunjuknya,,, terimakasih,,,
     

    Hai,

    Bila gendang telinga masih utuh (intak) maka akan dapat melindungi air sehingga tidak masuk ke daerah belakang gendang telinga. Namun untuk mengetahui apakah gendang telinga masih utuh memerlukan pemeriksaan telinga dengan menggunakan alat yang disebut dengan otoskop. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar dapat dilihat kondisi bagian dalam telinga dan apabila memang benar terdapat air maka dapat dilakukan tindakan medis dengan alat suction untuk menyedot air tersebut jika diperlukan dan lokasinya memungkinkan.

    Terdapat pula kondisi medis yang menyebabkan sensasi seperti ada air di dalam telinga seperti misalnya Otitis Eksterna (swimmer's ear) atau telinga terasa penuh akibat tertutup pus pada Otitis Media Supuratif Kronis yang tentu saja berbeda penanganannya dengan masuknya air ke dalam telinga namun untuk memastikannya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan alat otoskop.

    Setelah diketahui kondisi bagian dalam telinga dan riwayat perjalanan penyakit maka dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan indikasi medis. Hindari memasukkan cairan atau obat ke dalam telinga tanpa petunjuk dokter.

     

    Semoga bermanfaat,

    dr.Debby Phanggestu