Tanya Dokter

  • Penyebab telinga sebelah kiri keluar cairan kuning seperti nanah

  •  Geovani
    Anggota

    dok mau tanya, telinga saya sebelah kiri sakit terasa ada air d gendang telinganya waktu saya masukkan cottonbad warna nya putih kekuning2an seperti nanah  terkadang seperti nanah yg kering juga telinga bagian tengah terasa gatal kira-kira kkenapa ya dok dan obatnya apa, terimakasih dok mohon d balas karena sakit dok tidak enak rasanya telinga buntu sebelah

    Geovani  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Geovani,

    Keluhan keluarnya nanah atau cairan pada telinga dapat disebabkan oleh infeksi maupun peradangan telinga tengah atau liang telinga luar, bila disebabkan oleh gangguan telinga luar, umumnya terdapat rasa nyeri yang sangat pada liang telinga dan biasanya disebabkan oleh luka akibat menggaruk atau mengorek telinga.

    Bila disebabkan infeksi telinga tengah (otitis media), umumnya disebabkan oleh penyumbatan saluran eustachii akibat batuk, flu, radang tenggorokan, infeksi hidung, dst. Penyumbatan ini menyebabkan bakteri dapat tumbuh dengan subur pada ruang telinga tengah yang kemudian akan menyebabkan peradangan sehingga dapat melubangi gendang telinga.

    Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan Anda agar penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebabnya. Bila hal ini menganggu aktifitas Anda, sebaiknya Anda menemui dokter THT agar diperiksa lebih lanjut.

    Dokter akan menanyakan riwayat keluhan dan biasanya cukup dengan pemeriksaan fisik telinga menggunakan otoskopi. Pengobatan yang akan dilakukan dokter adalah membersihkan telinga dan memberi antibiotik dan dekongestan untuk membuka sumbatan (bila tuba eustachii tersumbat).

    Pengobatan liang telinga tanpa membersihkan telinga dahulu tidaklah efektif, oleh karena itu sebaiknya Anda tidak mengobati secara sendiri agar kondisi keluhan tidak berulang. Infeksi telinga tengah yang berlangsung lama atau berulang dapat menyebabkan infeksi saraf pendengaran yang dapat berakibat gangguan pendengaran sampai gangguan keseimbangan.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Cukupi kebutuhan nutrisi Anda, tingkatkan konsumsi air putih
    • Hindari konsumsi rokok dan alkohol
    • Hindari kebiasaan mengorek telinga dengan jari atau benda keras lainya
    • Bila Anda terkena flu/batuk, segera obati agar keluhan telinga Anda tidak berulang
    • Bila keluhan menetap/memburuk, segera periksakan diri Anda ke dokter

    Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda :

    Otitis Media - Radang liang telinga luar

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono