Tanya Dokter

  • Telinga berbunyi saat menelan ludah

  • assalamualaikum dok! dok saya mau nanya kalau telinga berbunyi saat menelan ludah itu hal yang normal atau berbahaya dok? saya kalau menelan ludah telinganya bunyi krek krek tapi tidak membuat pendengaran berkurang dok. sebelumnya terimakasih ya dok

    Halo endah.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu diketahui, bunyi yang muncul di telinga saat menelan ludah dapat terjadi ketika saluran di dalam telinga tengah yang disebut tuba eustachius membuka dan menutup seiring dengan gerakan menelan.

    Tuba eustachius menghubungkan telinga tengah dengan rongga hidung, mengandung udara dan tertutup pada keadaan normal. Ketika proses menelan/ mengunyah/ menguap terjadi, saluran ini akan membuka sehingga menimbulkan bunyi, dan keadaan ini normal terjadi ketika udara memasuki telinga tengah.

    Selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, penyebab lain yang mungkin menimbulkan bunyi pada telinga, di antaranya adalah : adanya infeksi di telinga tengah, Sumbatan di dalam telinga akibat kotoran telinga yang penuh, dan lain sebagainya.

    Jika hal ini cenderung mengganggu aktivitas Anda, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati