Tanya Dokter

  • Telinga berdarah karena tertusuk

  •  Ika indriani
    Anggota
    Selamat malam Dok, mau nanya dong.. Ini barusan kaka saya telinga nya kena tusuk dan berdarah gitu.. Mau ke rumah sakit buat periksa gapi gak bisa karna rumah sakit nya sudah tutup.. Mohon bantuan nya dok, hal apa yang akan kami lakukan untuk mengurangi rasa sakit nya dan supaya darah nya tidak mengalir sampai menunggu besok biar di bawa ke dokter.. Mohon arahan nya ya dok
    Ika indriani  Ika indriani
    Anggota
    Dok, mohon bantuan nya.. Telinga kaka saya masih keluar darah sampai sekarang

    Halo,

    Liang telinga yang berdarah, dapat disebabkan tertusuknya dinding telinga bagian luar dan tengah. Namun darah dapat juga muncul dari tertusuknya gendang telinga di liang telinga bagian dalam. Gendang  telinga merupakan lapisan tipis yang membatasi liang telinga bagian luar dengan liang telinga bagian tengah dan dalam. Bagian tengah dan dalam liang telinga berisi tulang pendengaran dan organ saraf pendengaran.

    Selama di rumah, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti menjaga liang telinga tetap kering, hindari berkeramas/berenang. Tidak perlu membersihkan telinga Anda dengan kapas pembersih telinga. Bila sedang pilek, hindari meniup ingus dari hidung terlalu keras, karena dapat memperparah nyeri telinga dan membuat gangguan gendang telinga semakin berat. Kompres hangat telinga untuk mengurangi rasa sakit.

    Apa yang kakak Anda alami, bukan merupakan kondisi yang bisa dianggap enteng. Sebaiknya segera bawa kakak Anda untuk berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan. 

    Dokter akan melakukan tanya jawab seputar keluhan yang dialami, melakukan pemeriksaan fisik dan melihat kondisi telinga dan liang telinga (dengan alat khusus seperti senter namun khusus telinga) untuk menentukan diagnosis. Bila keluhan telinga yang yang dialami berpotensi mengalami infeksi, Dokter akan meresepkan antibiotik minum, pereda nyeri, dan tetes telinga berisi anti nyeri. Namun bila disebabkan hal lain Dokter akan menentukan penanganan yang lain, sesuai penyebabnya dapat berupa obat-obatan yang diminum, pembersihan liang telinga dengan alat khusus, sampai dengan operasi telinga. 

    Biasanya gendang telinga yang tertusuk dapat sembuh dengan baik. Namun waspadai komplikasi seperti terbentuknya kista dalam telinga, infeksi telinga bagian tengah, menurunnya pendengaran, mempengaruhi saraf yang mengatur otot wajah dan pada kondisi tertentu berubahnya indra perasa.

    Baca dalam artikel Alodokter berikut ini, mengenai Gendang Telinga yang Pecah.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.