Tanya Dokter

  • Telinga berdengung dan pusing

  •  R-Duan
    Anggota

    selamat siang dok, sudah sebulan ini telinga saya berdenging dan biasa mengalami pusing serasa berputar, awalnya saya kehilangan pendengaran di telinga kanan saya, trus beberapa saat kemudian, dunia serasa berputar hebat, muntah-muntah, tp skarang sdh mendingan pusingnya. skarang malah telinga kanan saya berdenging terus dan nyeri di sekitar telinga, leher dan bahu kanan,, trus terang ini sangat mengganggu dok.. kira-kira, saya menderita penyakit apa yah dok, mohon bantuannya, terima kasih

    R-Duan  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Keluhan yang Anda rasakan yaitu pusing berputar, telinga berdenging, penurunan pendengaran disertai dengan muntah-muntah adalah ciri khas dari VERTIGO. Penyebab vertio dibagi menjadi dua, yaitu :

    • Vertigo perifer. Merupakan jenis tersering atau paling umum. Penyebabnya merupakan masalah pada telinga, yaitu pada kondisi :
      • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), ditandai dnegan munculnya serangan vertigo mendadak setiap setelah melakukan perubahan posisi dari posisi tidur terlentang ke posisi duduk atau berdiri, atau gerakan lain secara tiba-tiba. Terjadinya akibat adanya serpihan debris yang terlepas dari telinga dalam, yang kemudian beredar kesana kemari pada kanalis utama di telingan dalam, yang kemudian mengirimkan sinyal membingungkan ke otak dan terjadilah vertigo.
      • meniere disease. Tipe yan glebihjarang. Ditandai dengan triasnya yaitu tinnitus (telinga berdenging), penurunan pendengaran dan telinga terasa penuh.
      • Labirinits, infeksi pada telingan dalam
      • Neuritis Vestibularis, infeksi pada syaraf telinga dalam
    • Vertigo sentral. Ditandai dengan gejala vertigo dengan gejala mual muntah tidak sehebat pada vertigo perifer, dapat disertai gejala kehilangan keseimbangan.Penyebabya adalah masalah pada otak, yaitu migrain, tumor otak, dll.
    Untuk lebih jelasnya silahkan Anda konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis THT. Agar dapat diketahui tipe vertigo yang Anda miliki dan dapat diobati secara tepat. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel mengenai VERTIGO Sekiain informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat.