Tanya Dokter

  • Telinga berdengung

  •  Asriadi
    Anggota
    Saya pria 27 tahun, Saat ini telinga saya berdengung, ini sudah terjadi sejak 2 bulan lalu. Saya pernah coba berobat ke dokter THT, tapi tidak ada perubahan. Sebelumnya telinga saya pernah mengalami congek dok. Apakah telinga berdengung berbahaya jika tidak ditangani dokter? Terimakasih sebelumnya dokter

    Halo Asriadi........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai tinnitus, yaitu bunyi berdenging atau berdengung pada telinga. Hal ini sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tinnitus, diantaranya adalah : kerusakan pada telinga bagian dalam, pajanan suara atau bunyi yang nyaring secara terus - menerus, penumpukan kotoran dalam telinga, penumpukan cairan dalam telinga bagian tengah, penyakit meniere, gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan kesehatan pada jantung, pecahnya gendang telinga, dan lain sebagainya.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk melakukan kontrol kembali kepada dokter spesialis penyakit THT, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara lengkap.

    Berapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, evaluasi pendengaran, tes darah, CT scan dan MRI scan, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Perlu anda ketahui, tiap penderita Tinitus membutuhkan cara penanganannya berbeda, tergantung pada faktor penyebabnya. Berikut tidur apa penanganan untuk tinitus, yaitu : pemberian obat - obatan, pengeluaran kotoran telinga jika terbukti tinitus dipicu oleh hal ini, terapi suara, prosedur operasi, dan lain sebagainya.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TINNITUS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati