Tanya Dokter

  • Telinga kemasukan serangga

  •  Reziki anisah
    Anggota
    dok kuping saya beberapa bulan yang lalu kemasukan serangga,saya udah nyoba ngeluarin ngak bisa stelh berapa hari telinga saya rasanya biasa saja seperti normal,tapi beberapa hari kemarin itu telinga saya sperti ada serangga yg bersuara tapi cuma sebentar sampai sekrang tidak keluar lagi,,jadi gimana ini dok apakah seranganya sudah masuk sangat dalam ketelinga??

    Hai Reziki. Kondisi yang anda alami perlu dikonsultasikan dengan dokter terutama dokter THT. Hal ini mengingat adanya riwayat kemasukkan benda asing dan dalam hal ini adalah serangga sebelumnya. Tentunya jika serangga ini tidak keluar dan mati di dalam, akan menimbulkan reaksi peradangan atau infeksi pada telinga. Selain itu, jika masih hidup dapat saja menganggu struktur telinga dan menyebabkan kerusakan telinga lebih dalam. 

    Kondisi yang anda alami ini, selain oleh karena benda asing, dapat juga disebabkan oleh memang adanya infeksi dari telinga, serumen prop (impaksi sekret telinga), gangguan saraf pada telinga. 

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan fisik telinga, otoskopi merupakan pemeriksaan dasar yang membantu.  Endoskopi telinga, audiometri merupakan pilihan lain yang dapat membantu jika diperlukan. 

    Hindari mengorek telinga agar jika memang adanya serangga tidak semakin dalam dan menimbulkan trauma lebih lanjut. Hindari memasukkan air atau apapun ke dalam telinga. Konsultasikanlah segera terutama jika anda mengalami penurunan pendengaran, nyeri. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa