Tanya Dokter

  • Solusi atasi telinga berdenging tak kunjung sembuh

  •  arif sams
    Anggota

    Pagi Dok. saya arif usia 31 th, 4 hari yang lalu saya periksa kedokter THT,dengan kondisi telinga kiri berdenging dan terasa budeg, saat itu ditanganin dokter diberikan cairan dan divacum keluarlah kotoran setelah itu kondisi telinga saya normal kembali.tapi kamirin pagi dan hari ini saat bangun tidur telinga saya mengeluarkan cairan putih bening,dan kembali berdenging dan budeg kambali saya rasakan.mohon penjelasan nya dan apa yang harus saya lakukan untuk mengobati telinga saya ini. terima kasih

    arif sams  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo arif sams,

     

    Telinga berdenging (tinnitus) merupakan kondisi dimana adanya suara bising seperti berdenging yang didengar oleh seseorang meskipun dalam kondisi dimana tidak adanya sumber suara di sekitar. Tinnitus dapat disebabkan karena :

    • Adanya gangguan pada pembuluh darah baik di daerah telinga atau di seluruh tubuh seperti pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi)
    • Infeksi berat yang mencapai telinga bagian dalam (otitis media supuratif kronik)
    • Efek samping pengobatan tertentu
    • Trauma bunyi pada telinga 
    • Meniere's disease
    • Tumor

     

    Sedangkan keluarnya cairan putih bening dari telinga dapat disebabkan karena adanya infeksi pada telinga yang menyebabkan pecahnya gendang telinga atau disebabkan karena adanya trauma pada telinga atau bagian kepala. Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT untuk melakukan pemeriksaan terutama karena terjadi penurunan dari pendengaran yang anda alami disertai dengan keluarnya cairan bening dari telinga.

     

    Umumnya dengan pemeriksaan fisik dapat diketahui kemungkinan penyebab dari keluarnya cairan putih dari telinga. Selain itu, apabila diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan audiometri untuk mengetahui jenis tinnitus yang dialami sehingga dapat dilakukan penanganan dengan tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi