Tanya Dokter

  • Solusi atasi telinga nyeri dan panas

  •  Taelution S
    Anggota
    Permisi, dok, saya mau tanya, sudah 2 minggu belakangan ini telinga bagian dalam saya terasa nyeri, panas, dan kadang kala berdenyut, tahun lalu saya memiliki riwayat penyakit radang telinga, namun kali ini rasa sakitnya sudah merambat ke bagian leher dekat telinga. Kira2 solusinya bagaimana,dok?Terima kasih.

    Hai Taelution,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Telinga yang terasa nyeri, panas, dan berdenyut bisa menandakan peradangan (inflamasi) pada telinga. Peradangan ini bisa terjadi pada telinga bagian luar (otitis eksterna) atau tengah (otitis media). Peradangan yang Anda alami saat ini bisa juga merupakan kelanjutan dari radang telinga yang Anda alami sebelumnya, misalnya jika penanganan yang diberikan sebelumnya tidak adekuat, jika perawatan telinga kurang memadai, atau jika Anda mengalami penurunan sistem imun tubuh, seperti akibat HIV/AIDS, diabetes, konsumsi steroid jangka panjang, kurang gizi, dan sebagainya.

    Selain nyeri, panas, dan berdenyut, telinga yang meradang pun kerap kali mengalami penurunan fungsi pendengaran (mulai dari yang ringan hingga berat). Produksi kotoran telinga (cerumen) juga akan mengalami peningkatan sehingga penderita bisa mengeluhkan keluar sekret berlebih dari telinga.

    Nyeri akibat radang di telinga bisa menjalar hingga ke leher karena penjalaran melalui serabut syaraf somatik. Selain itu, nyeri juga kerap menyebar karena terjadi peradangan pada kelenjar getah bening sekitar telinga dan leher (limfadenitis).

    Kami sarakan, mengingat keluhan sudah muncul lebih dari 3 hari, sebaiknya periksakan langsug diri Anda ke dokter spesialis THT guna memperoleh pennaganan yang tepat ya..

    Sebagai langkah awal, Anda bisa redakan keluhan dengan mengkonsumsi obat paracetamol. Selain itu, lakukan juga perawatan telinga sebagai berikut:

    • Hindari mengorek-ngorek telinga, misalnya dengan jari, cotton bud, korek, kawat
    • Jaga telinga agar tetap kering
    • Jangan memasukkan benda asing apapun ke dalam telinga
    • Hindari penggunaan obat tetes telinga sembarangan

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah