Tanya Dokter

  • telinga seperti tertarik dan berdenyut

  •  ikautari
    Anggota
    Halo dok. Saga mau tanya. Sudah hampir 1 minggu, saya merasa di telinga kanan saya tepatnya dibagian tragis & antitragisnya seperti terasa tertarik, berdenyut, nyeri tapi tidak sakit. cuma saya rasa ga nyaman aja. telinga kiri di bagian tragis & antitragisnya normal. kalau yang di kanan, di bagian tragis dan antitragisnya seperti agak kembung tapi tidak sakit. sdh ke dokter THT, katanya infeksi, diberikan obat antibiotik penmox 500g, corsona dexamethasone 0,5g,dan decolgen. sdh berjalan 2 hari dan besok obat sdh habis,tapi saya rasa telinga kanan saya masih aneh, berbeda rasanya dgn yg kiri, dan masih terasa tebal. Yg mau saya tanyakan, 1. Saya sakit apa sebenarnya dok? 2. Bagaimana cara mengobatinya? setelah obat habis apa saya harus periksa lg ke dokter THT ? 3. Apa itu berbahaya? Soalnya saya sangat takut dan cemas kalau lg ada yg aneh dgn tubuh saya. Mohon balasan penjelasannya dok, terimakasih

    Hai,

    Nyeri di telinga yang Anda maksud bisa disebabkan oleh:

    • Pembengkakan kelenjar getah bening
    • Otitis eksterna atau radang telinga luar
    • Otitis media atau radang telinga tengah
    • Nyeri alih dari peradangan sendi rahang

    Kelenjar getah bening merupakan salah satu komponen daya tahan tubuh, yang berfungsi sebagai markas sel darah putih. Apabila terdapat infeksi daerah sekitar, kelenjar bisa membengkak (umumnya ditemukan benjolan) dan bisa disertai nyeri, baik saat diam maupun saat digerakkan (mis. berbicara, mengunyah, menoleh).

    Nyeri juga mungkin disebabkan oleh infeksi telinga luar (otitis eksterna), yang biasanya ditandai oleh nyeri pada daun telinga, terutama saat ditarik. Biasanya otitis eksterna dialami pada riwayat sering menggaruk/mengorek telinga atau sering terpapar air/kelembaban. Otitis media juga bisa menyebabkan nyeri telinga, yang biasanya didahului oleh suatu infeksi saluran napas atas. Secara umum, infeksi demikian relatif tidak berbahaya, kecuali infeksi telinga tengah, yang apabila dibiarkan dan infeksinya berat, dapat terjadi penjalaran infeksi ke dalam otak.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis THT. Belum membaiknya gejala mungkin menandakan bahwa proses penyembuhan masih berlangsung, antibiotik yang diberikan kurang sesuai, dosis yang diberikan kurang, obat kadaluwarsa, cara minum obat yang tidak sesuai atau terdapat penyakit lain yang mendasari.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma