Tanya Dokter

  • Telinga tidak dapat mendengar dengan sempurna

  •  Rico Avelin
    Anggota

    Selamat siang Dok :-) Nama saya Riko, saya ingin mengetahui kondisi telinga saya dok dan cara pengobatannya. Inti dari penyebabnya yaitu karena ditimpuk telinga bagian kanan saya dok, karena terasa sangat sakit dan berdengung. Saya tunggu hingga berjam-jam dok namun tak kunjung sembuh. Akhirnya saya tetesi obat tetes telinga namun sangat sakit sampai saya keluarkan lg karena tidak kuat dok, setelah beberapa hari tak kunjung sembuh telinga saya justru mengeluarkan ciaran aneh dok dan telinga saya kurang sempurna untuk mendengarkan bagian kanan. Mohon informasinya dok sekian dan terima kasih :)

    Hai Rico, Telinga merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Fungsi utama telinga adalah untuk memproses suara yang kita dengar, mengumpulkannya kemudian mengirim sinyal suara ke otak sehingga kita mengetahui suara apa yang kita dengar. Selain untuk pendengaran telinga juga berfungsi untuk keseimbangan tubuh kita, telinga kita lah yang mengatur mengapa kita tidak jatuh pada saat kita harus menunduk,dsb. Telinga terdiri dari 3 bagian yaitu:

    • Telinga bagian luar yang bisa kita lihat secara langsung yaitu daun telinga yang berfungsi mengumpulkan suara dan meneruskannya ke lubang telinga.
    • Telinga bagian tengah yaitu terdiri dari lorong yang berisi udara yang merupakan tempat dari 3 tulang yaitu tulang martil(malleus), tulang landasan(incus), dan tulang sanggurdi(stapes). Ketiga tulang ini terpisah dari telinga bagian luar oleh gendang telinga.
    • Telinga bagian dalam berfungsi untuk menerima getaran-getaran suara yangditerima dari luar dan mengirimkannya ke otak melalui sistem saraf.
    Keadaan yang anda alami termasuk dalam trauma telinga. Trauma telinga dapat mengenai bagian mana saja dari telinga. Baik itu telinga luar, tengah dan telinga bagian dalam. Contoh dari trauma telinga yang sering terjadi:
    • Trauma liang telinga yang biasanya disebabkan oleh laserasi atau luka tusukan yang sering terjadi pada saat membersihkan telinga. Gejala yang dialami seperti nyeri pada telinga dan telinga berdarah.
    • Trauma membran timpani yang dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung. Dapat berupa trauma benda tumpul atau benda tajam. Gejala yang dialami seperti tinitus(telinga berdenging), gangguan pendengaran dan keluarnya cairan dari telinga.
    • Fraktur tulang temporal yang meluas ke telinga
    Jika anda mengalami trauma telinga sebaiknya anda mengunjungi dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan telinga dan diberikan pengobatan atau tindakan yang tepat. Disarankan agar anda tidak menggunakan obat tetes telinga dengan sembarangan, karena jika tidak sesuai dengan instruksi dokter bisa saja memp[erburuk keadaan telinga anda. Terimakasih. Semoga Membantu. dr.Yosephine Simanungkalit