Tanya Dokter

  • telinga yang sakit, berakibat munculnya sakit dibagian leher dan kepala

  •  fitriana
    Anggota

    Selamat malam, Saya ingin tanyaa, saya merasakan sakit di telinga akibat dr telinga yang gatal dan saya korek bagian telinga tersebut dan sehingga mengeluarkan cairan. Namun setelah itu timbul sakit dibagian tulang dan daun telinga setelah itu sayapun merasakan sakit dibagian dibelakang telinga bagian kanan dan selanjutnya saya pun merasakan sakit dibagian kepala serta demam. Yang saya rasakan berlebih didaerah tulang telingga dan demam tersebut dimalam hari. Setalah saya periksakan ke dokter, saya diberikan obat tetes telinga.. Namun saya merasakan mampet ditelinga bagian telinga kanan. Saya mau tanya apakah sakit dileher dan kepala akibat dr infeksi ditelinga ya dok? Bagaimana ya dok menghilangkan mampet yg berisi cairan tsb?

    Hai, Keluhan yang Anda alami kemungkinan merupakan suatu otitis media akut (OMA), yaitu peradangan pada telinga bagian tengah akibat infeksi virus maupun bakteri. Gejalanya meliputi:

    • Sakit telinga
    • Keluar cairan dari dalam telinga
    • Pendengaran menurun
    • Demam
    • Nyeri otot
    • dan sebagainya
    Pengobatan OMA meliputi pemberian obat pereda nyeri dan antibiotik (jika penyebabnya adalah infeksi bakteri) baik dalam bentuk tetes telinga maupun oral/obat minum. Keluhan sakit kepala dan leher yang Anda alami kemungkinan memang disebabkan oleh infeksi telinga. Bila nyeri terasa mengganggu Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti Paracetamol atau Ibuprofen. Pada OMA terjadi penimbunan cairan di telinga bagian tengah, umumnya seiring dengan menyembuhnya infeksi cairan ini akan hilang dengan sendirinya. Namun pada kasus tertentu kondisi dapat berlanjut menjadi OME (otitis media efusi) yang ditandai dengan penumpukan cairan pada telinga tengah sehingga mengakibatkan gangguan pendengaran. Penanganan OME meliputi pemberian antibiotik, dekongestan, obat pengencer lendir, ditambah dengan perasat Valsalva (menutup kedua lubang hidung, lalu meniup dengan mulut tertutup). Pada kasus yang lebih berat dibutuhkan tindakan seperti miringotomi (pembedahan gendang telinga) atau pemasangan grommet. Jika keluhan yang Anda alami terus berlanjut sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter THT yang merawat Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk menilai kondisi telinga Anda dan menentukan penanganan lanjutan sesuai dengan kondisi yang mendasari. Baca laman artikel berikut ini: Otitis media Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman