Tanya Dokter

  • Penyebab dan cara mengatasi bercak-bercak kuning pada tenggorokan

  •  Cekot
    Anggota

    Selamat pagi Dok ..

    Mau nnya nih Dok, tenggorokan itu kalau terdapat bintik bintik/ bercak yang berwarna kuning itu gejala apa ya Dok? Dan cara mengatasinya gimana Dok?

    Mohon bantuannya Dok, terima kasih

    Hai, Jika yang Anda maksudkan adalah bercak kuning menyerupai nanah pada dinding belakang mulut bagian bawah kiri/kanan, kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh abses peritonsiler (peradangan amandel akibat infeksi bakteri yang mengalami komplikasi dan mengeluarkan pus/nanah). Umumnya kondisi ini disertai dengan gejala lainnya seperti pembengkakan amandel, sulit menelan, pembengkakan leher, demam, bau mulut dan sebagainya. Abses peritonsiler diatasi dengan pemberian antibiotik yang sesuai dan tindakan drainase (mengeluarkan nanah). Namun jika yang Anda maksudkan adalah bintik/benjolan berwarna kuning yang timbul pada dinding belakang mulut, kemungkinan hal ini disebabkan oleh:

    • Herpes simpleks, yaitu infeksi HSV (herpes simplex virus) yang dapat menyerang mulut dan alat kelamin. Gejalanya berupa bintik/benjolan yang berisi air dan dapat disertai rasa gatal atau nyeri. Benjolan dapat pecah membentuk luka yang melepuh.
    • Kutil kelamin, yaitu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh HPV (human papillomavirus). Kutil kelamin dapat timbul pada alat kelamin maupun mulut atau tenggorokan. Gejalanya berupa benjolan yang gatal, dapat tumbuh sendiri-sendiri ataupun bergerombol membentuk kelompok.
    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menilai bintik/bercak yang muncul. Jika diperlukan dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes darah dan sebagainya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Baca laman artikel berikut ini: Kutil kelamin Herpes simpleks Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman