Tanya Dokter

  • Penyebab timbul bercak putih pada amandel

  •  adara deliva
    Anggota
    Hallo dokter selamat malam, Saya nugrahaningsih umur 24thn Mohon pencerahannya dok. Gini di dlm tenggorokan saya kok ada putih2 nya kenapa ya, sebelah kiri dalam pas di amandelnya itu. Sulit di sentuh jadi gak tau tekstur nya seperti apa, saat menelan ludah menganggu saya seperti ada yang menganjal. Saya gak tau kapan muculnya, cuma td tiba2 terasa ada yang mnganjal saja.. Sudah d kasih minum air putih banyak, sudah buat makan tapi msih ada, seperti jamur menempel. Gjlanya beberapa hri yang lalu tenggorokan saya buat nelen sakit, trs saya kasih minum larutan sembuh, ehh, tau2 hri ini muncul sprti itu. Saya takut kalau ini berbahaya.. Trmksih atas waktunya🙂

    Halo adara.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya bercak - bercak putih pada Amandel kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai batu tonsil.

    Sekedar informasi untuk anda, Batu Tonsil terjadi oleh karena penumpukan sisa makanan, bakteri, sel darah putih, debris, fibrin, dan lain sebagainya, dalam jangka waktu yang lama dan akhirnya mengeras di permukaan Amandel.

    Batu tonsil atau yang disebut juga sebagai tonsiloliths, terutama terjadi pada pasien dengan radang Amandel kronis yang pada amandelnya terdapat banyak kripte, yaitu semacam lekukan-lekukan yang dapat menjadi tempat penumpukan zat - zat yang telah disebutkan diatas.

    Jika memang suatu batu tonsil, maka Anda dapat melihatnya dulu, jika tidak menibulkan keluhan, dapat dibiarkan. Tapi jika menimbulkan ketidaknyamanan, Anda dapat mencoba melepaskan batu tersebut menggunakan cotton bud. Jika tidak berhasil, jangan dipaksa karena dapat melukai tonsil, hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam

    @dr.jati