Tanya Dokter

  • Tenggorokan kering dan pusing

  •  Ismaya
    Anggota
    Dok saya mau tanya ,tenggorokan saya kering dan merasa pengen minum terus ,pusing juga ,apa itu dehidrasi Soalnya saya akhir2 ini pipis terus ,

    Halo Ismaya,

    Terima kash sudah bertanya di Alodokter. Tenggorokan kering yang disertai dengan rasa haus dan ingin minum bisa saja merupakan tanda dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Penyebab dehidrasi biasanya adalah diare, muntah, iklim, aktivitas fisik/ olahraga, dan pola makan seseorang. Pada kondisi dehidrasi, tubuh mungkin saja tidak hanya kekurangan cairan tetapi juga kekurangan garam tubuh. Jika merasa mengalami dehidrasi, minumlah banyak cairan; Anda bisa minum air putih atau jus buah yang diencerkan. Hindari minuman yang mengandung kafein dan minuman bersoda.

    Selain itu, tenggorokan yang kering juga dapat disebabkan oleh radang tenggorokan. Biasanya Anda juga akan mengalami gejala pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan amandel, tampak bercak putih kekuningan di atas permukaan tenggorokan atau amandel yang merah, mengalami demam, sakit tenggorokan saat menelan, sakit kepala, gatal pada tenggorokan, dan lainnya.

    Silakan Anda cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Hindari aktivitas fisik berlebihan dan hindari paparan sinar matahari untuk sementara waktu.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia