Tanya Dokter

  • tenggorokan terasa mengganjal

  •  Rizki Amri
    Anggota

    Dok, saya mau nanya dong, sudah 3 minggu sakit tenggorokan saya tidak kunjung sembuh, pada minggu pertama terasa seperti mengganjal,lalu sekarang terasa seperti tertekan di tenggorokan...saya sudah cek ke dokter katanya radang tenggorokan.....yg saya rasakan sekarang terasa tertekan di tenggorokan,suara tidak serak dan lancar,jika menelan lancar dan enak,tenggorokan berdahak,cepat lemas...ditunggu ya jawabannya dok.

    Halo,   Rasa mengganjal di tenggorokan bisa disebabkan karena :

    1. Radang tenggorokan
    2. Tumor
    3. Kanker
    4. Striktur / penyempitan saluran tenggorokan
    5. Benda asing = tersedak duri ikan dll
    6. Pembesaran KGB ke arah dalam
    7. Pembesaran tiroid ke arah esofagus
    8. dll.
    Dengan melakukan pemeriksaan secara langsung dari kondisi Anda maka penyebab dari keluhan Anda bisa diketahui dan tentunya diberikan pengobatan yang sesuai. Pada umumnya radang tenggorokan akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari, jadi jika rasa mengganjal masih terasa > 2 minggu pemeriksaan ulang ke dokter THT mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan. Untuk membantu meredakan keluhan Anda bisa melakukan :
    • Minum air lemon dicampur madu yang baik untuk melegakan tenggorokan.
    • Perbanyak minum air putih hangat, namun hindari minum terlalu panas atau dingin.
    • Hindari gorengan atau makanan berminyak.
    • Cukup isitrahat.
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    Rizki Amri  Rizki Amri
    Anggota

    Trims jawabannya dok.... Alhamdulilah Radang tenggorokan saya sekarang sudah sembuh katanya sih saya diberitahu saya terkena radang tenggorkan kronis... .tp saya mau bertanya lg, hidung saya tersumbat sebelah dan terasa sesak di hidung serta tenggorokan tetapi akan hilang tersumbat serta sesaknya jika saya mandi dan olahragi joging....apakah hidung tersumbat disertai sesak ini akan sembuh jika saya rajin olahraga joging di pagi dan sore hr dan merubah pola hidup saya dengan tdk merokok dan menjauhi hal yg tdk sehat...bagaimana menurut dokter?

    Rizki Amri  lelejumbo
    Anggota

    Saya jg menggalami Gejala radang tanggorokan kronis bisa share obat Dan penanganannya?krn saya tidak kunjung sembuh.trimakasih

    Rizki Amri  Rizki Amri
    Anggota

    @Mas lelejumbo : radang tenggorokan kronis itu sangat bandel mas, kalo dibiarin aja bisa bahaya, saya kena radang kronis dr sejak pertengahan puasa sampai tgl.20.an agustus,,tp sekarang sudah sembuh dan tenggorokan terasa plong.... .sebenarnya cara penyembuhan saya cukup sederhana mas,yg saya lakukan waktu itu seperti ini : "cukup dengan merubah pola hidup",bangun tidur jangan diatas jam 6,segera langsung mandi setelah bangun,selalu basahin setengah badan sampai pinggang di siang hari atau saat badan terasa lemas,jangan pernah merokok,jangan makan apapun yg berminyak,sering" makan jambu mede,konsumsi pepaya,hisap meiji troches sebelum tidur,sering" minum air hangat,minum adem sari atau panas dalam bintang toedjoe biji selasih yg hangat pagi siang sore...gitu aja sih mas yg saya lakuin pas sakit radang tenggorokan kronis.

    Rizki Amri  lelejumbo
    Anggota

    Terima Kasih info Nya .akan saya coba praktekkan.

    Rizki Amri  Devina Annisa
    Anggota

    saya juga mengalami hal seperti itu, seandainya saya ke dokter, sebaiknya saya ke dokter THT atau dokter umum ya mas? mohon bantuannya, makasih...

    Rizki Amri  Mamahnya Rizky
    Anggota

    Asslmkm.. Mhn info'nya dong,tenggorokan sy luka sprti luka sayatan,sampe leher luar trlihat bengkak,buat nelan skt,malah smpe demam tinggi berhari²,sluruh bdn rasanya ngilu smua. Smpet smbuh,tp kurang dr sminggu kambuh lg & tenggorokan'nya tmbh parah,sprti sariawan d bibir putih² gt.. mhn info pengobatan yg aman. Ttrmksh.

    Rizki Amri  fb-kickdevis
    Anggota

    Dok gimana kalau tersedak duri trus nggak bisa keluar gitu kayak nyangkut di tenggorokan trus solusinya apa..... sudah 2 hari