Tanya Dokter

  • Tenggorokan terasa tegang, pilek, dan nafas terasa sesak

  •  Mr. W
    Anggota
    Dok uda seminggu ini saya merasakan leher terasa tegang, pilek, dan nafas terasa sesak,dan kadang kadang badan terasa panas ringan dok. Selama gejala saya hanya mengkonsumsi obat2 biasa saja dok.. Apa saya mengalamin gejala radang tenggorokan ya dok?

    Halo Mr. W......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang disebut sebagai pilek, yaitu suatu infeksi ringan pada hidung, saluran Sinus, tenggorokan, dan saluran Pernapasan bagian atas yang umumnya disebabkan oleh karena virus.

    Berikut ini beberapa gejala yang umumnya muncul jika seseorang menderita pilek, diantaranya adalah : hidung yang terus - menerus mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, tidak enak badan, suara serak, tidak nyaman pada area tenggorokan.

    Kebanyakan penderita akan merasakan gejala pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah kurang lebih tiga hari kemunculannya. Pada orang dewasa, biasanya pilek berlangsung kurang lebih 10 hari, terkecuali untuk gejala batuk dapat berlangsung kurang lebih 3 minggu.

    Oleh karena kondisi yang Anda alami sudah dirasakan selama satu minggu, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, makan makanan yang sehat dan bergizi mudah telan seperti sup ayam atau bubur ayam, minum air putih minimal 2 Liter perhari, perbanyak makan buah dan sayur, tidur dan istirahat yang cukup, stop merokok dan jangan minum minuman keras.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati