Tanya Dokter

  • penyebab sakit tenggorokan saat menelan

  •  peeqah jefri
    Anggota

    Salam dok kenapa tenggorokkan saya sakit ? Bila hendak makan ia nya sakit menelan mahupun menelan air liur kerana ini amat menggangukan saya .. dan tadi petang mahu muntah dan membuang air ludah dan tiba2 ada darah yang keluar .. kenapa ya dok? Dan gimana caranya untuk pulih?

    Hai Jefri, Nyeri saat menelan yang Anda alami kemungkinan dapat disebabkan oleh faringitis/radang tenggorokan, yaitu inflamasi pada tenggorokan akibat infeksi virus atau bakteri. Gejala yang dapat timbul pada faringitis adalah sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, rasa mengganjal di tenggorokan, dapat pula disertai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, dan sebagainya. Keluarnya air liur yang bercampur darah seperti yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh iritasi pada tenggorokan yang terjadi sehingga menimbulkan perlukaan. Namun demikian, keluhan yang serupa dapat pula diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab yang lain seperti:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Otorhinolaryngologist/ENT specialist). Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes usapan tenggorok, endoskopi dan sebagainya) untuk menelusuri penyebabnya dan menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Perbanyak konsumsi air putih untuk melembabkan tenggorokan
    • Hindari konsumsi makanan yang digoreng, pedas, asam, berlemak, menimbulkan gas, atau terlalu panas/dingin
    • Makan secara teratur, jangan terlambat makan
    • Hindari langsung berbaring setelah makan
    • Konsumsi air hangat yang dicampur lemon dan madu dapat menyamankan tenggorokan
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab sakit tenggorokan saat menelan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Maaf dok saya gabung disini, soalnya saya nggak bisa2 mau buat pertanyaan sendiri. saya mau nanya tiap kali saya menstruasi itu sakit nya sakit banget dok, terus badan saya juga lemas, itu penyebab nya apa dok? dan kalau saya udah nggak tahan saya minum obat menstruasi yg saya beli dari bidan. apakah itu berbahaya dok karena hampir setiap bulan saya minum obat itu dok?