Tanya Dokter

  • Apakah asam lambung yang naik ke dada dan kerongkongan berbahaya?

  •  M Ferry
    Anggota

    permisi dok selamat pagi. dok mau tanya ya ,apa berbahaya bila gejala asam lambung yg Sudah merasakan naik ke Dada Dan kerongkongan, sewaktu ITU dipicu karena stress/emosi padahal sebelum itu tidak pernah merasakan naik tersebut ? Terima kasih banyak ya dok.

    Halo,   Dibaca dari keluhan Anda maka kemungkinan Anda mengalami apa yang disebut dengan Gastroesofageal refluks (GERD). GERD merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke esofagus dan kerongkongan atas karena kelemahan dari otot sfingter yang ada di esofagus bawah. Keluhan ini bisa menimbulkan bahaya jika terjadi terus menerus dan tidak diterapi karena asam lambung bisa menyebabkan esofagus mengalami peradangan dan bisa menyebabkan striktur (penyempitan) pada esofagus yang menimbulkan keluhan sulit untuk menelan makanan dan rasa mengganjal di tenggorokan. Untuk mengatasi dan mengantisipasi komplikasi tersebut maka penanganan GERD perlu diutamakan dengan baik dengan cara :

    1. Mengatur pola makan dengan porsi kecil tapi sering.
    2. Hindari makanan yang menyebabkan asam lambung naik seperti makanan asam, coklat, kopi, teh, santan dll.
    3. Hindari stress dan kelola stress Anda dengan baik.
    4. Hindari berbaring setelah makan.
    5. Tidur dengan posisi kepala dan leher lebih tinggi dari perut.
    6. Hindari rokok dan asap rokok.
    7. Minum obat seperti ranitidin, omeprazol dan lanzoprazol.
    8. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas.
    Baca topik GERD. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Halo, Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi dimana terjadi kelebihan jumlah cairan asam lambung, yang mengiritasi kerongkongan bagian bawah. Penyakit asam lambung dapat disebabkan oleh gangguan pada katup bagian bawah kerongkongan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh:

    • Konsumsi jenis makanan tertentu (kopi, alkohol, cokelat, makanan berlemak)
    • Penggunaan obat-obatan (beta agonis, nitrat, penghambat saluran kalsium, antikolinergik)
    • Perubahan hormon
    • Merokok
    Selain gangguan pada katup bagian bawah, penyakit asam lambung juga dapat disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebih; yang dapat disebabkan oleh konsumsi makanan asam, kopi dan alkohol, pola makan yang tidak teratur, perubahan hormon, dan faktor psikologis/ stress. Penyebab penyakit asam lambung Pengobatan penyakit asam lambung Hampir semua penderita dengan penyakit asam lambung merespon baik terhadap hasil pengobatan, walaupun ada sedikit yang kambuh setelah penghentian pengobatan, dan memerlukan pengobatan yang lebih lama. Berikut ini komplikasi yang dapat terjadi pada penyakit asam lambung yang telah berlangsung lama dan tidak berespon baik terhadap pengobatan:
    • Penyempitan pada kerongkongan
    • Masuknya muntahan kedalam saluran napas
    • Penyakit saluran napas
    • Penyakit Barret's esofagus
    Jika keluhan dari penyakit asam lambung telah berlangsung dalam waktu yang lama, atau tidak merespon pengobatan, sebaiknya penderita menghubungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan menambahkan pemeriksaan penunjang jika perlu seperti misalnya endoskopi. Selanjutnya dokter akan menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi. Untuk mengurangi dan mencegah keluhan datang kembali, berikut langkah yang dapat dilakukan:
    • Menghindari posisi berbaring segera setelah makan
    • Posisi tidur dengan bantal, leher lebih tinggi daripada perut
    • Mengurangi konsumsi makanan asam, kopi, makanan berlemak
    • Menghindari rokok
    • Mengelola stress
    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    M Ferry  M Ferry
    Anggota

    oh.. dok kalau tidal timbul-timbul lagi gejala naik tersebut APA sudah sembuh?, aku dikasih obat antasid Dan omeprazol tapi gk dikasih semacam ranitidin ? terima kasih ya dok udh menolong..