Tanya Dokter

  • penyebab benjolan di payudara sebelah kiri

  •  Cw Alengka
    Anggota

    slmt siang dok.... maf saya mau tanya tentang kangker payudara dok d bagian payudara kiri pas d bawah ketiak ada satu bnjolan kecil yg saya memang tak tau tp sya tkut jika itu slh satu ciri kanker payudara pd awalnya saya biarkan tp saya coba tarik itu benjolan dan akhirnya benjolan itu nampak sedikit keluar sperti daging saya bner2 heran dokter bsa beritahu saya itu benjolan apa? makasih dokter

    Hai, Benjolan yang timbul di payudara tidak selalu berkaitan dengan kanker, bahkan faktanya 80% benjolan payudara bukanlah suatu keganasan. Berikut ini berbagai kemungkinan penyebab timbulnya benjolan di payudara:

    • Fibroadenoma: yaitu benjolan yang terbentuk akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu. Benjolan teraba bulat, kenyal, jika ditekan dapat bergeser, dan umumnya tidak sakit.
    • Perubahan fibrokistik: yaitu perubahan payudara akibat perubahan hormonal selama siklus menstruasi, sehingga menyebabkan timbulnya benjolan yang teraba keras atau lunak, dapat membesar atau mengeras menjelang menstruasi, dan terasa nyeri.
    • Kista sederhana: merupakan suatu kantong berisi cairan yang timbul akibat perubahan hormonal. Pada sebagian kasus kista dapat hilang dengan sendirinya, namun pada sebagian kasus lainnya kista dapat membesar hingga terasa menyakitkan.
    • Lemak nekrosis traumatik: yaitu benjolan yang timbul akibat benturan atau trauma pada payudara. Benjolan teraba bulat, padat, dan tidak sakit.
    • Kanker payudara: timbul benjolan yang teraba keras, tidak dapat bergeser bila ditekan, dan dapat terasa nyeri maupun tidak. Pada fase selanjutnya dapat timbul gejala lain seperti puting payudara tertarik ke dalam, perubahan bentuk payudara, kulit mengkerut seperti kulit jeruk, dan sebagainya.
    Untuk dapat memastikan penyebab benjolan yang timbul tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, baik melalui pemeriksaan fisik (dengan pengamatan langsung dan perabaan) maupun tes penunjang seperti USG, mammogram, atau biopsi. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah agar penyebabnya dapat ditelusuri dan ditangani secara tepat. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Hindari memencet atau mengurut benjolan yang timbul
    • Jika timbul rasa nyeri dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
    • Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara berkala untuk menilai setiap perubahan struktur dalam payudara
    Informasi berikut ini dapat berguna: Waspadai benjolan pada payudara Benjolan dan tumor payudara belum tentu kanker Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman