Tanya Dokter

  • Mengatasi rasa mudah lelah pada penderita diabetes melitus tipe 1

  •  yermia
    Anggota
    Selamat malam dok,nama saya yermia saya hampir berumur 20 tahun waktu saya umur 18 tahun di diagnosa diabetes tipe 1 karena gula darah bukan puasa saya 289 saat pertama periksa,kenapa ya dok meskipun gula darah saya sudah normal tapi merasa tidak kuat untuk kerja,aktifitas dirumah saja yang sederhana sering kelelahan sudah lama sering nyeri bagian punggung atas kiri

    Halo Yermia, terima kasih atas pertanyaannya. Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolisme karbohidrat akibat kegagalan produksi insulin oleh pankreas atau adanya ketidaksensitifan sel tubuh terhadap insulin. Diabetes terdiri dari 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan suatu kelainan genetik atau bawaan dimana pankreas (kelenjar ludah perut) tidak dapat memproduksi hormon insulin. Hormon insulin berguna untuk memasukan nutrisi berupa gula (karbohidrat) yang kita makan dari dalam peredaran darah ke dalam sel tubuh. Apabila terdapat kelainan dari hormon insulin tersebut, gula/ karbohidrat yang kita konsumsi hanya akan menumpuk di peredaran darah dan tidak bisa digunakan ke dalam sel tubuh untuk menjadi energi metabolisme. Oleh karena itu akan muncul rasa kelelahan yang sering timbul. Selain itu, menumpuknya gula dalam peredaran darah akan merusak kualitas pembuluh darah dan saraf pada tubuh sehingga terkadang akan menimbulkan rasa nyeri pada seluruh tubuh.

    Apabila Anda pernah terdiagnosis diabetes tipe 1, sebaiknya Anda secara rutin kontrol ke dokter. Diabetes tipe 1 akan diberikan pengobatan insulin untuk membantu produksi insulin yang kurang. Penggunaan insulin harus diawasi oleh dokter oleh karena itu pastikan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan ke dokter.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa