Tanya Dokter

  • pengobatan pada penderita hepatitis

  •  Erniekadewi
    Anggota
    Selamat siang dokter, hbsag reaktif, anti hbeag non reaktif dan hbeag reaktif, apakah sudah termasuk penderita hepatitis A, hepatitis B atau hepatitis C. Dan apakah masih bisa diobati. Terimakasih banyak dokter.

    Ernieka yang baik,

    hepatitis merupakan istilah medis yang mengacu pada peradangan liver. Liver dapat meradang oleh banyak sekali penyebab, misalnya penggunaan alkohol, ataupun infeksi. Kebanyakan hepatitis disebabkan oleh infeksi virus hepatitis. Virus hepatitis sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, namun yang memang paling sering terdengar ialah hepatitis A, B, dan C. Hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh virus yang biasanya didapatkan dari tangan yang tercemari oleh kotoran dengan virus hepatitis A. Sementara hepatitis B dan C penularannya melalui darah yang bisa mencemari jarum suntik, alat-alat medis, ataupun hubungan seksual.

    Adapun untuk membuktikan infeksi tersebut, ada modalitas yang digunakan untuk memastikan jenis hepatitis apa yang menginfeksi seseorang. Untuk HbsAg dan HbeAg adalah pemeriksaan antigen terhadap hepatitis B. Antigen sendiri merupakan protein yang terdapat pada kuman hepatitis B yang bisa terdeteksi bila kuman tersebut menginfeksi seseorang. HbeAg secara spesifik menggambarkan seberapa menularnya seseorang dengan hepatitis B tersebut pada orang lain. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kondisi ini, berikut kami lampirkan artikel yang membahas lengkap mengenai hepatitis B. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief