Tanya Dokter

  • Lemas, ngidam dan mudah lelah setelah mengosumsi pil KB selama dua bulan

  • Dok, mw nanya. Aq baru nikah hmpir 2 bln. Aku ngonsumsi pil KB. Hampir 2 bulan jg.Tp aq kok kdang ngidam,lemas, atau gampang cape ya. Kata org2 sih q hamil. Kn aku KB dok. Tp blm brani priksa testpek. Atau ini efek samping dr pil KB ya?

    Halo,   Jika Anda mengkonsumsi pil KB dengan cara yang benar maka kemungkinan Anda hamil adalah sangat kecil sampai tidak ada. Ini dikarenakan jika konsumsi dilakukan secara benar selama 2 bulan ini maka efek perlindungan terhadap kehamilan sudah cukup efektif. Efek samping pil KB antara lain adalah :

    1. Mual - muntah
    2. Sakit kepala - pusing
    3. Pembengkakan payudara/ payudara terasa nyeri
    4. Jerawat
    5. Kenaikan berat badan
    6. dll.
    Gejala yang Anda sebutkan adalah gejala tidak pasti kehamilan maka belum tentu disebabkan oleh kehamilan, keluhan Anda bisa juga disebabkan oleh kondisi medis lain seperti :
    1. Anemia
    2. Hipotensi/ tekanan darah rendah
    3. Gangguan jantung
    4. dll.
    Untuk memastikan Anda hamil atau tidak maka cara sederhana adalah dengan pemeriksaan testpack. Dan satu hal penting adalah pada kehamilan akan terjadi henti haid (tidak menstruasi) sementara pada penggunaan pil KB yang diikuti dengan datangnya haid pada akhir pil akan menandakan Anda tidak hamil. Baca artikel Tanda pasti kehamilan. Semoga membantu.   dr. Yusi