Tanya Dokter

  • Tanda awal terjadinya kehamilan

  • Malam dok , saya ingin tanya bulan lalu sy mens tgl 15 okt 2017 . Sekarang tgl 1 nov dan jarak tgl mens sy masih lama , tapi saya merasakan sakit kepala dok , apakah itu termasuk tanda kehamilan atau bukan dok . Tolong yah doks jawabannya makasih
    Theresia angelina boro  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Theresia angelina boro,

     

    Terjadinya kehamilan salah satunya ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi atau keterlambatan terjadinya menstruasi. Menstruasi dikatakan terlambat apabila pasca 35 hari sejak hari pertama haid terakhir tidak kunjung terjadi menstruasi. Namun keterlambatan pada menstruasi juga dapat disebabkan karena hal lain diantaranya karena tingkat stress yang tinggi, PCOS, gangguan hormonal akibat penggunaan KB hormonal atau karena penurunan berat badan yang berlebihan.

     

    Selain dari keterlambatan pada menstruasi, umumnya beberapa tanda yang dapat muncul yang dapat dicurigai terjadinya kehamilan diantaranya mual terutama pada pagi hari, perubahan pada perut dan payudara, atau dengan melakukan pemeriksaan testpack yang menghasilkan positif. Umumnya nyeri kepala tidak dijumpai sebagai dari tanda tidak pasti dalam terjadinya kehamilan namun nyeri kepala dapat disebabkan karena beberapa kemungkinan seperti stress, dispepsia (atau yang biasa disebut dengan sakit maag), gangguan pada otak dan saraf terutama di daerah wajah dan kepala, gangguan pada THT (seperti sinusitis), gangguan mata (seperti penurunan ketajaman penglihatan, glaukoma), gangguan pembuluh darah di otak, infeksi pada otak, trauma pada kepala, terdapatnya tumor pada otak, atau terdapat juga nyeri kepala yang tidak diketahui penyebabnya.

     

    Beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri kepala diantaranya dengan beristirahat sejenak dari aktivitas atau dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Selain itu juga disarankan kepada anda untuk mengurangi asupan kafein harian dan beristirahat dengan cukup setiap harinya. Namun pada nyeri kepala yang tidak tertahankan sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan darah atau pemeriksaan Roentgen untuk mengetahui penyebab dari nyeri kepala. 

     

    Selain itu, untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan, diperlukan konsultasi dan pemeriksaan dari dokter untuk menemukan kantung kehamilan melalui pemeriksaan USG sehingga dapat dipastikan terjadinya kehamilan pada saat ini.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi