Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak teratur dan perut membesar setelah lepas KB

  • Selamat siang dok. Sy mau tanya seputaran kehamilan. Sy stlh melahirkan anak pertama desember 2011 stlh itu sy pake IUD. Sy buka IUD juni 2017. Sy trakhir mens tgl 28 agustus 2017 pada bln september dan oktober sy gak mens. Sy sdh testpek berkali2 tp garis keduax samar2 bhkn srg tdk terang ( hanya satu garis) tp sy merasa perut sy smkn tmbh besar. Knp ya??

    Selamat malam Rulina Fatari Salim,

     

    Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu mengenai menstruasi ya. Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah. Hal hal yang perlu diperhatikan antara lain:
    • Siklus Haid (Menstruasi): Jarak antara hari pertama haid dengan hari pertama haid berikutnya. (Jarak yang normal yaitu diantara 21-35 hari
    • Lama Haid: Jarak antara hari pertama haid hingga perdarahan benar2 berhenti. (Lama haid yang normal yaitu antara 3-7 hari)
    • Jumlah darah: Jumlah darah normal yang keluar saat haid yaitu <80ml atau ganti pembalut 2-6 x/hari
    Siklus haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya:
    1. Pola hidup sehari-hari: Olahraga terlalu berat dan berat badan turun atau meningkat drastis dapat mengganggu siklus haid menjadi tidak lancar. Selain itu stress juga dapat menyebabkan terganggunya siklus haid.
    2. Sindrom ovarium polikistik: Merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil didalam indung telur, sehingga membuat hormon menjadi tidak seimbang.
    3. Gangguan pada kelenjar tiroid: Gangguan pada kelenjar tiroid juga bisa menyebabkan gangguan apda siklus haid.
    4. Alat kontrasepsi: Beberapa alat kontrasepsi seperti pil KB, KB suntik, implan dan IUD dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan terkadangan menyebabkan terjadinya flek atau bercak darah diluar siklus haid.
    Sedangkan keluhan perut anda yang semakin membesar bisa berhubungan dengan siklus haid anda yang tidak teratur, atau bisa juga tidak berhubungan ya (misal disebabkan oleh kegemukan). Jika berhubungan maka perut yang membesar kemungkinan disebabkan oleh adanya massa atau tumor berupa:
    1. Mioma Uteri: Merupakan pertumbuhan sel tumor yang berasal dari otot rahim yang tidak bersifat ganas.
    2. Tumor/kanker pada organ reproduksi (ovarium/indung telur, uterus/rahim)
    3. Tumor abdomen (organ dalam rongga perut)
     
    Sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan ya. Sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan (USG rahim, tes darah, dll) agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.
     
    Tips-tips yang dapat dilakukan untuk membantu siklus haid agar teratur diantaranya:
    • Makan makanan bergizi dan hindari makanan cepat saji maupun berpengawet.
    • Hindari dan kendalikan stress.
    • Cukup beristirahat.
    • Berolahraga secara teratur.
    • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
    • Menjaga berat badan tetap dalam batas ideal.
     
    Semoga bermanfaat,
    dr. Natasha