Tanya Dokter

  • Penyebab janin tidak terlalu aktif bergerak

  • Dok,saya mau tanya. Ini saya hamil udh 28 minggu, terus akhir2 ni udah 3 hari bayi dijanin saya susah gerak jarang bergerak dok, sy heran biasanya dia bergerak aktif terus. Sy udh periksa pake doppler detak jantungnya bagus, terus saya udh usg kata dokternya baik2 saja. Tapi sy masi cemas dok. Gimana tu dok?

    Halo Putri,

    Gerakan pada janin dapat mulai dirasakan setelah menginjak awal trimester kedua, namun terkadang pada beberapa ibu dapat dirasakan terlambat karena di awal kehamilan tendangan janin cenderung halus sehingga kurang begitu terasa. Seiring bertambahnya usia kehamilan dan bobot bayi yang bertambah besar maka pergerakan akan semakin dirasakan. Bayi cenderung lebih aktif seiring bertambah sempurnanya organ tubuhnya.

    Apabila Anda merasakan pergerakannya cenderung berkurang pastikan melalui pemeriksaan dokter, jika tidak ditemukan suatu masalah dan janin dalam kondisi baik maka Anda tidak perlu khawatir. Lakukan kebiasaan dengan mengajak janin mendengarkan musik, mengajaknya berbicara, untuk merangsang pergerakannya.

    Lakukan tips berikut untuk memancing gerakan janin di sini.

    semoga bermnafaat,

    dr. Tantya