Tanya Dokter

  • Penyebab janin menjadi kurang aktif

  • Dok, saya mau tanya, skrg kehamilan sy udah 28 minggu lebih , jadi akhir2 ni udah 5 hari ni anak sy d janin jarang gerak aktif dok, biasanya sllu aktif gerakannya smpe2 sy kaget dok. Pdhal di doppler jantungnya bagus, kmarin ni sy usg kata tu dokter baik2 sj dok. Ini knp ya dok tentang kehamilan sy?

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com

     

    Anda telah memasuki usia kehamilan sekitar 7 bulan dimana janin telah berkembang semakin besar. Semakin besarnya janin, otot dan jaringan-jaringan sekitar rongga perut dan panggul mengetat dan membuat bayi lebih sulit untuk banyak bergerak. Pada usia kehamilan yang semakin tua maka bayi akan bergerak untuk memposisikan diri untuk siap untuk dilahirkan yaitu dengan kepala dibagian bawah.
    Selain itu, gerakan janin yang berkurang dapat disebabkan oleh karena janin yang malas bergerak, atau juga karena adanya kondisi tertentu yang perlu diwaspadai seperti gawat janin. Jika Anda telah melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan dan dokter menyatakan keadaan janin baik, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika Anda ingin memastikan lagi saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan Anda dan janin. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG yang dapat membantu memeriksa denyut jantung janin dan kondisi lainnya.

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
    Salam, dr.Sylvia