Tanya Dokter

  • Telat menstruasi apakah hamil?

  •  Via Adesta Vd
    Anggota
    Assalamualaikum warahmatullahi.wb Selamat siang dok Perkenalkan saya via dok Maubertanya?? Saya menstruasi jdwl halangan normal dok Selama 28hari Selama menstruasi jangka waktu paling lama 5hari sesudah menikah... Sebelum menikah lama halangan 7hari Paling cepat selama 3atau 4 hari dok Yang jadi pertanyaan saya dok Saya halangan terakhir tercatat tgl 8 September dan saya tekhir berhubungan suami istri sama suami saya tgl 23 pada masa plng subur (ovulasi) Trus bulan berikutnya 7 Oktober Tp saya halangan gak keluar pada tgl segitu dok Tgl 13saya keluar tp tdk seperti halangan biasanya cuma 1hari itupun berwarna merah muda apakah itu flek atau bagaimana ya dok Dan sekarang bulan November saya belum juga halangan lagi dok apakah saya lagi hamil atau bagaimana ya dok???

    Selamat siang,

    Kehamilan adalah proses normal yang dapat terjadi karena pertemuan antara sel sperma dengan sel telur matang yang dari pertemuan tersebut berhasil terjadi pembuahan, yang kemudian pembuahan tersebut akan dibawa ke dalam rahim dan berkembang sesuai dengan usia kehamilan setelah menempel di dinding rahim.

    Pertemuan antara sel sperma sehat dengan sel telur matang dapat terjadi pada hari ovulasi (pada wanita dengan siklus menstruasi teratur didapatkan kurang lebih 14 hari sebelum tanggal menstruasi selanjutnya) dan masa subur dapat diperkirakan kurang lebih 2 hari sebelum hingga 2 hari setelah tanggal ovulasi ( sel sperma dapat bertahan kurang lebih 2 hari di dalam rahim dan sel telur yang tidak dibuahi dapat bertahan kurang lebih 24-48 jam sebelum akhirnya mati).

    Sehingga pada kasus Anda kemungkinan untuk hamil masih besar, dengan sumsi bahwa siklus menstruasi Anda tepat 28 hari maka tanggal kemungkinan ovulasi pada tanggal 22, dan masa subur berkisar antara 20-24, sehingga masih ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan.

    Pada kasus Anda, keluar darah tersebut masih ada beberapa kemungkinan :

    • Menstruasi yang terlambat
    • Kehamilan yang mengeluarkan flek.

    Pada kehamilan muda, pengeluaran flek ini perlu diwaspadai hingga dibuktikan bukan merupakan suatu hal yang buruk yang sedang terjadi. hal buruk yang dapat terjadi ketika keluar flek adalah tanda terjadinya suatu keguguran. Pada keguguran dapat menimbulkan gejala seperti :

    • Flek.
    • Nyeri perut bagian bawah
    • Keluar gumpalan darah/janin.

    Keguguran sendiri dapat disebabkan oleh banyak sebab, seperti infeksi, trauma, penyakit sistemik lain (seperti ketidakcocokan darah/hormon). keguguran sendiri dapat dibagi menjadi beberapa tingkat, seperti :

    • Abortus imminens = ancaman keguguran, janin masih dapat diselamatkan dengan tindakan dan pengobatan yang tepat
    • Abortus incipiens = keguguran telah terjadi, janin tidak dapat diselamatkan.

    Saran Saya agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lengkap dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut seperti pemeriksaan USG sehingga keadaan kandungan Anda dapat diketahui secara lebih pasti dan mendetail sehingga dapat diatasi dan ditangani dengan baik.

    Saran untuk di rumah

    • Hingga terkonfirmasi tidak hamil, sebaiknya Anda berasumsi bahwa Anda hamil terlebih dahulu sehingga sebaiknya membatasi aktifitas Anda terlebih dahulu, sehingga jika ternyata terjadi kehamilan, lebih aman untuk janin Anda.
    • Melakukan test pack di rumah, test pack adalah cara yang paling mudah untuk mengecek terjadi nya kehamilan dengan mendeteksi hormon kehamilan (Beta-Hcg) di dalam urin. Cara ini cukup akurat jika dilakukan dengan cara yang tepat dan pada waktu yang tepat. Test ini perlu dikonfirmasi kembali dengan test lain nya seperti pemeriksaan USG karena hasil test positif pada beberapa keadaan dapat ditimbulkan (hamil anggur, hamil kosong).
    • Makan makanan bergizi
    • Minum air mineral minimal 2L/hari.

    Sekian informasi dari Saya,semoga bermanfaat

    dr.Anthony