Tanya Dokter

  • Penyebab sulit BAB saat hamil

  •  Aira Safhira
    Anggota
    Dok saya mau nanya saat ini saya sedang hamil 9 minggu,tapi setelah sejak awal kehamilan sampe sekarang saya susah untuk BAB, kadang dalam 1 minggu hanya sekali. Apakah memang seperti itu dok ?? Mohon penjelasan nya dok terima kasih

    Halo Aira......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, sembelit atau yang dalam masa medis disebut sebagai konstipasi yang terjadi pada ibu hamil, merupakan hal yang wajar terjadi. Peningkatan hormon progesterone lah yang memicu hal ini terjadi.

    Hormon progesterone bertugas merelaksasi otot - otot halus diseluruh tubuh, begitu juga dibagian saluran pencernaan. Dengan demikian, usus akan bergerak lebih lambat agar tubuh dapat mengekstrak nutrisi lebih banyak untuk Anda dan bayi. Otomatis proses pencernaan pun menjadi lebih lambat. Hal inilah yang menyebabkan sembelit.

    Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini, sepidiantaranya adalah : perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih minimal 2 Liter perhari, olahraga teratur sesuai dengan kehamilan, kurangilah zat besi ( zat besi biasanya diperoleh dari vitamin dan suplemen kehamilan, sifat zat besi membuat Feses menjadi lebih keras, Oleh karena itu batasi konsumsi zat besi, akan tetapi disarankan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda ), mengonsumsi probiotik yang banyak dijual di supermarket.

    Kami tetap menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, sembelit masih saja terjadi dan sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga dokter dapat memeriksa kondisi Anda, dan penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MENUJU KEHAMILAN YANG SEHAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati