Tanya Dokter

  • keluar darah ketika hamil 10 minggu

  •  Nur Nayfa
    Anggota

    Pagi dok..saya mau tanya,usia saya 38 thn,saya hamil 10. minggu,saya melakukan hubungan intim,terus pas bangun tidur saya mengeluarkan darah sedikit2,..bahaya kah janin saya?apakah saya mngalami keguguran? Terimah kasih dok..

    Hai, Keluarnya darah melalui jalan lahir pada saat kehamilan normal kemungkinan menandakan abortus / keguguran (baca juga mengenai: waspadai tanda-tanda keguguran), namun bisa juga darah tersebut berasal dari saluran kemih / luka di dalam jalan lahir. Kehamilan normal berarti terdapat janin hidup di dalam rahim; terdapat beberapa jenis kehamilan tidak normal yang bisa menyebabkan perdarahan, seperti: kehamilan ektopik / luar kandungan, hamil anggur / mola hidatidosa dan telur kosong / belighted ovum. Kondisi-kondisi ini hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan langsung oleh Dokter. Abortus ini dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

    1. Ancaman keguguran (keguguran belum terjadi)
    2. Keguguran yang tengah terjadi (permulaan keguguran)
    3. Keguguran sebagian
    4. Keguguran seluruhnya
    Pada tahap keguguran 1 (ancaman keguguran), janin masih dinyatakan hidup dan kehamilan dapat diteruskan dengan penanganan yang tepat. Sedangkan untuk tahap 2 sampai 4, keguguran telah terjadi dan janin perlu dikeluarkan dari rahim untuk mencegah terjadinya gangguan perdarahan dan infeksi pada ibu. Anda sebaiknya segera berkonsultasi pada Dokter Anda / Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan (Sp. OG) agar Anda dapat diperiksa secara langsung. Penyebab perdarahan hanya bisa diketahui setelah melakukan pemeriksaan dalam dan dapat dibantu dengan pemeriksaan USG. Setelah penyebabnya diketahui barulah penanganan yang sesuai dapat diberikan. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma