Tanya Dokter

  • Penanganan keguguran

  •  Nur Nayfa
    Anggota

    Pagi dok,kemaren saya sudah di USG,kata dokter saya tidak hamil,karena mau datang haid aja,di USG kosong..mau tanya lagi nie..apakah keguguran perlu di curet? Terima kasih.

    Hai Nur Bila memang dari hasil USG tidak terlihat adanya kantong janin, maka memang kemungkinan tidak hamil, kecuali pada kehamilan sangat awal yaitu usia kandungan kurang dari 7 minggu, bisa dapat tidak terlihat melalui pemeriksaan USG melalui perut, diperlukan pemeriksaan USG yang dimasukan dalam vagina (transvaginal). Apakah Anda sudah memeriksakan test pack?. Test pack cukup akurat untuk mendeteksi awal kehamilan minimal 2-3 minggu setelah pembuahan. Tidak semua keguguran memerlukan tindakan kuret. Hanya keguguran yang meninggalkan sisa jaringan atau janin tidak keluar dari rahim yang diperlukan tindakan kuret. Pada keguguran yang seluruh bagian janin keluar tanpa sisa tidak memerlukan tindakan kuret, hanya cukup obat-obatan. Terkadang bila dengan pengobatan saja seluruh janin dapat keluar, maka tidak perlu dilakukan tindakan kuret. Untuk mengetahui apakah adanya sisa janin atau bersih dapat diketahui melalui pemeriksaan USG. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penanganan keguguran. Apakah saya hamil? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

      Selamat malam, Tidak semua penanganan keguguran harus dilakukan kuretase tetapi tergantung dari jenis kegugurannya. <span style="line-height: 1.5;">Jika usia kehamilan masih cenderung kecil terkadang dengan pemberian obat sudah dapat membersihkan hasil konsepsi asalkan perdarahan yang terjadi tidak banyak sedangkan pada usia kehamilan diatas 16 minggu umumnya memerlukan tindakan kuretase untuk membersihkan rahim dari hasil konsepsi.</span> Beberapa jenis keguguran dan penangananya :

    • Pada abortus iminens/ ancaman keguguran dimana hasil konsepsi masih hidup di dalam rahim dan jalan rahim masih tertutup maka penanganannya adalah dengan bed rest (istirahat baring), diberikan obat untuk menguatkan kandungan jika perlu.
    • Pada abortus insipiens/ keguguran yang sedang berlangsung dimana terjadi perdarahan dari vagina yang lebih banyak tetapi hasil konsepsi masih di dalam dan abortus inkomplit/ keguguran yang tidak lengkap dimana hasil konsepsi sudah keluar sebagian dan masih ada yang tertinggal di dalam maka penanganannya memerlukan tindakan kuretase.
    • Pada abortus komplit/ keguguran lengkap dimana seluruh hasil konsepsi sudah keluar, umumnya tidak diperlukan penanganan yang khusus.
    Setelah tindakan kuretase dokter akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan dengan alat USG untuk dapat memastikan apakah sisa konsepsi sudah benar-benar bersih. Baca artikel terkait : Keguguran Semoga membantu, dr. Rievia

    Nur Nayfa  Nur Nayfa
    Anggota

    Pagi dok,saya melakukan hubungan intim,terus saya keluar darah lagi..apa saya pnya penyakit dok?