Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil setelah berhubungan intim

  •  dexter
    Anggota
    dok, berapa lama untuk seorang wanita bisa hamil? apakah bisa dibawah waktu sebulan dari waktu kita berhubungan sex? contoh kita saya dan istri ML tgl 19des dia kasih kabar hamil di tgl 8jan. mohon info nya dok. thx
    dexter  bib26
    Anggota

    dok saya ingin bertanya jika saya berhubungan pada jam 5 sore namun sperma tidak dikeluarkan di dalam. lalu saya meminum postinor 2 keesokan harinya jam 2 siang sebanyak 1 tablet. lalu saya minum kembali satu tablet 12 jam setelahnya yaitu jam 2 malam. apakah bekerja efektif mencegah kehamilan? atau saya harus meminum kembali postinor 2 tersebut? terimakasih.

    Halo dexter, terima kasih telah bertanya di alodokter.com :)
    Saya akan coba bantu jelaskan ya.

    Kehamilan bisa terjadi tergantung dari kondisi hormon dan kesiapan sel telur dan rahim dalam tubuh wanita saat berhubungan intim. Kesiapan yang saya maksud adalah tahap ovulasi sel telur (di mana sel telur siap dibuahi) dalam rahim. Jika siklus haid Anda adalah 28 hari, maka ovulasi biasanya terjadi pada sekitar 14 hari setelah hari pertama periode menstruasi terakhir. Itulah yang di sebut masa subur. Bila wanita sedang dalam masa subur (masa ovulasi), pembuahan dapat langsung terjadi dalam 24 jam. Tentu saja berhasil atau tidaknya pembuahan sampai menjadi kehamilan (sel telur yang telah dibuahi menempel dan berkembang pada dinding rahim) masih dipengaruhi oleh faktor lain seperti sel sperma dari pria, kondisi fisik wanita tersebut, dan sebagainya.


    Sebagai tambahan informasi untuk dexter, berikut informasi seputar kehamilan. Gejala hamil dibagi menjadi dua,yaitu tanda pasti dan tanda tidak pasti.


    Tanda Pasti (tanda yang jika terdapat tanda ini maka sudah pasti anda hamil) :

    • pemeriksaan urin (menilai hormone HCG) dilakukan di lab atau dapat juga dengan menggunakan testpack
    • pemeriksaan USG
    • perut membesar dan adanya pergerakan janin di perut, namun untuk tanda tersebut baru dapat dinilai saat kehamilan lanjut (sekitar bulan ke5).


    Tanda tidak pasti,yaitu gejala dan tanda yang sering dialami wanita saat sedang di awal kehamilan, namun jika seseorang memiliki satu atau beberapa tanda ini, maka belum tentu wanita itu hamil, karena gejala dantanda ini dapat terjadi pada kondisi selain kehamilan. Tanda tidak pasti tersebut yaitu :

    • Telat menstruasi .  Merupakan gejala awal yang membuat seseorang biasanya menyadari bahwa kemungkinan dia hamil. Namun telat menstruasi dapat terjadi karena banyak penyebab, seperti pada pemakaian kontrasepsi hormonal, saat stress, saat aktivitas fisik berlebih atau kelelahan, dll.
    • Spotting, atau terdapat bercak darah atau muncul darah hanya sesaat dan sering dikira sebagai darah menstruasi atau hanya bercak darah. Terjadi pada beberapa hari setelah konsepsi, yaitu saat bakal janin tertanam di dinding rahim dan menyebabkan luruhnya daerah dinding rahim tersebut.
    • Kram perut, juga dapat terjadi pada awal-awwal kehamilan,dan sering disangka sebagai gejalaakan munculnya menstruasi.
    • Morning sickness atau biasa dikenal dengan gejala mual-mual tanpa sebab yang jelas, dan cenderung lebih sering terjadi di pagi hari, namun dapat terjadi di sepanjang hari.
    • Perubahan payudara. Payudara terasa tegang, sensitif, pegal, terasa lebih besar/bengkak, terasa lebih berisi, dan daerah aerola di sekitar puting terlihat lebih gelap.
    • Peningkatan berat badan.
    • Perubahan mood, terjadi akibat kerja dari hormon saat kehamilan.
    • Lebih sering BAK
    • Konstipasi (sulit BAB)
    • Merasa lelah tanpa pencetus yang jelas. Biasa terjadi pada awal-awal bulan kehamilan.
    • Nyeri punggung
    • Pusing, lemas


    Untuk disebut sebagai hamil maka diperlukan terutama adanya tanda pasti kehamilan, yaitu hasil urin atau USG. Sering kali seorang wanita memiliki tanda pasti kehamilan, namun dia tidakmerasakan adanya tanda-tanda tidak pasti kehamilan tersebut. Begitu juga sebaliknya, banyak juga wanita merasakan beberapa gejala/ tanda tidak pasti kehamilan tersebut namun setelah diperiksa ternyata tidak hamil, dan tanda tersebut merupakan akibat dari kondisi lain. untuk lebih jelas dan pasti sebaiknya anda berkonsultasi pada ahli kandungan untuk dilakukan pemeriksaan secara lengkap.

    Semoga membantu ya, terima kasih dexter :)
    Salam, dr. Mirra Mareta Supit

    dexter  edward
    Anggota
    Dok, saya baru berhubungan seks tanpa pengaman. 5 jam kemudian saya minum 4 butir pil microgynon. Haid saya sekitar 2 minggu lagi. Apakah saya masih bisa hamil? Cara apa yg harus saya lakukan agar tidak hamil dok