Tanya Dokter

  • Penyebab keluar darah dari vagina setelah berhubungan intim

  • dok saya ochie,saya kan lagi hamil dah mau 3bln..ginich dok saya mau tanya kenapa ya saya sesudah berhubungan intim sama suami,eh tau" ada keluar darah dr vagina tetapi ga banyak dok.. akibat dr apa ya dok!!saya takut ada apa" dok tp saya tidak merasa mules/kram perut?? dok saya mesti gimana saya taut..makasih dok??

    Salam,

    Adanya bercak darah selama kehamilan setelah koitus kemungkinan disebabkan oleh adanya kontraksi rahim selama berhubungan intim. Kondisi ini dapat dipicu oleh adanya letak plasenta yang rendah di daerah segmen bawah rahim. Dengan kontraksi rahim ini, memicu terjadinya pembuluh darah terbuka secara minimal. 

    Beberapa kondisi dibwah ini dapat memicu pendarahan selama kehamilan:

    1. plasenta letak rendah

    2. plasenta yang menutup mulut rahim

    3. trauma pada vagina atau perlukaan pada vagina

    4. keputihan sehingga meningkatkan reaksi radang pada vagina

    5. tanda keguguran, namun perlu didukung tanda lain dan pemeriksaan

    6. fibroid

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk evaluasi dan pemeriksaan kehamilan saat ini. dokter akan memastikan kondisi kehamilan Anda baik-baik saja. Pemeriksaan USG akan direncanakan untuk mendukung pemeriksaan yang dilakukan, sehingga dokter mengetahui secara pasti penyebab bercak atau pendarahan ini. Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah;

    1. istirahat yang cukup

    2. hindari kelelahan fisik

    3. bila beresiko terhadap hubungan intim, sebaiknya Anda dan suami dapat merencanakan hubungan setelah tri semester 3 berjalan, sehingga lebih aman, atau sesuai petunjuk dokter Anda setelah pemeriksaan

    4. bila berhubungan lebih baik ejakulasi dilakukan di luar vagina

    demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga flek.

    dr. Ulfi

    Tetapi dengan kejadian yg saya rasain dok itu akan baek" khan terhadap calon baby akunya.. Trims dok saya akan cpt" periksain semuanya...