Tanya Dokter

  • Tanda wanita masih perawan

  •  bilbilun
    Anggota

    Saya pernah melakukan foreplay ke pacar saya dengan memasukan jari kedalam vaginanya, akan tetapi saya merasa kalau saya memasukan satu jari itu dengan gampang (tidak ada hambatan seperti ada selaput yang menghalangi), apakah pacar saya sebelumnya pernah melakukan hubungan intim? (vaginanya masih perawan atau tidak?)

    dan kalau melakukan penetrasi tetapi hanya bagian kepala penisnya saja yang masuk apakah ini bisa menghilangkan keperawanan?

    terimakasih sebelumnya dok.

    Halo

    Terimakasih atas pertanyaannya

    Selaput dara merupakan lapisan kulit yang merentang di vagina wanita dan sangat tipis. Selaput dara memiliki sifat elastis, dan  keelastisannya berbeda-beda pada tiap wanita. Jika cukup elastis, maka bentuk selaput dara dapat kembali seperti semula pasca penetrasi. Namun, sebagian wanita dapat kehilangan sebagian atau seluruh selaput dara setelah penetrasi, baik penetrasi sebagian atau seluruh penis. Disamping hubungan seksual, selaput dara juga dapat robek akibat kecelakaan, trauma, olahraga, tindakan medis (misalnya pelubangan selaput dara / hymen imperforata agar darah menstruasi keluar pada kasus amenore primer / belum menstruasi sama sekali hingga usia 18 tahun). Untuk memastikan  Jika ingin mengetahui keutuhan selaput dara, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter dengan bantuan alat medis.

    Sedangkan mengenai "keperawanan " seseorang, istilah tersebut akan memiliki arti yang berbeda sesuai pemahaman, lingkungan, dan budaya masing  - masing. Perawan bisa memiliki arti wanita yang  belum pernah berhubungan seksual sebelumnya. termasuk petting, berciuman, dan lainnya. Sebagian lagi menganggap wanita perawan adalah wanita yang belum pernah berhubungan seksual dengan penetrasi. Ada juga yang menganggap keperawanan seseorang didasarkan oleh  masih utuhnya selaput dara. Sehingga dikembalikan kembali kepada pemahaman masing - masing individu.

    Terimakasih