Tanya Dokter

  • Hubungan kista ovarium terhadap resiko keguguran

  • 1 minggu yg lalu sodara sy opname karena pendarahan, kondisi sodara sy G2A1P0, dg dokter di diagnosa abortus iminens dg kista 4,5 cm.

    padahal, 2 hari sebelum opname sodara saya sempat periksa ke dokter obgyn di beda rumah sakit, tidak ditemukan adanya kista tersebut. Advicenya hanya suruh bed rest saja.

    Pertanyaan saya, apakah kista bisa tumbuh secepat itu? Mengingat Sodara saya itu juga mengikuti program hamil, dan dalam kurun waktu 1-2 th belakangan ini sering sekali kontrol ke dokter obgyn setiap sebulan sekali periksa ke dokter obgyn bahkan sampe usg vaginal juga, dan 3 dokter obgyn menyatakan tidak ada penyakit atau kelainan pd kondisi sodara sy, hanya masalah hormon yg terkait dg stress nya sj, menyebabkan siklus kesuburan terganggu. Dan bagaimana bisa hasil pemeriksaan terakhir menyatakan ada kista? Terimakasih

    Hai Werdikesni,

    Dari penjelasan yang Anda jabarkan kemungkinan kehamilan saudara Anda dibawah 20 minggu, mengingat keguguran adalah luruhnya hasil konsepsi yang sering terjadi di usia kehamilan di bawah 20 minggu.

     Abortus imminens adalah salah satu jenis keguguran, dimana embrio masih utuh dan dapat diselamatkan. Bed rest dan istirahat serta obat penguat kandungan seringkali disarankan dokter untuk dikonsumsi guna mempertahankan janin di dalam kandungan. Kontrol yang teratur juga dianjurkan untuk menilai kondisi janin yang berkembang.

    Kista ovarium adalah suatu kantung yang terbentuk didalam indung telur yang dapat terbagi menjadi kista simple atau fungsional dan kista abnormal. Kista fungsional adalah jenis kista yang tidak berbahaya, dan seringkali dipengaruhi oleh hormonal, dan dapat hilang dengan sendirinya. Berbeda dengan kista abnormal dimana pertumbuhan kista berisi sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker yang tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda.

    Kedua jenis kista ini memiliki bentuk yang sangat berbeda, sehingga dari pemeriksaan USG cukup dapat dibedakan secara jelas. Munculnya kista memang tidak dalam hitungan hari, dan dapat menyertai kehamilan, namun jika kista yang ditemukan termasuk dalam kista yang fungsional, kondisi ini tidak mengganggu kehamilan, sehingga kehamilan tetap dapat dilanjutkan.

    Perbedaan hasil pemeriksaan dari dokter yang berbeda terkadang kerap terjadi, namun selama penanganan yang Anda dapatkan sesuai sebaiknya Anda tidak perlu khawatir. Lakukan kontrol secara teratur dengan dokter yang menangani saudara Anda agar kondisinya dapat terpantau secara seksama oleh dokter .

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya