Tanya Dokter

  • Dampak kista ganglion

  •  Ignas Aga
    Anggota
    Slmat pgi dok Mau tanya pnyakit ganglion bisa berdampak buruk ngga?

    Hai

    terima kasih atas pertanyaannya. Kista ganglion adalah sebuah benjolan di atas persendian atau tendon (jaringan penghubung otot dan tulang). Ganglion paling umum ditemukan di bagian atas pergelangan tangan, sisi telapak pergelangan tangan, pangkal jari di sisi telapak, dan bagian atas sendi ujung jari.Kista ganglion sering terasa seperti benjolan halus di bawah kulit dan penampilannya menyerupai balon air bertangkai.

    Ganglion adalah tumor jinak, tidak berbahaya dan tidak akan menyebar ke daerah lain. Jika ganglion tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, benjolan dapat dibiarkan sendiri dan dapat kempis tanpa pengobatan, meski prosesnya bisa bertahun-tahun. Kista dapat terasa menyakitkan jika posisinya menekan saraf di dekatnya.

    Sebagian besar kista ganglion tidak akan menimbulkan gejala sehingga tidak memerlukan penanganan apapun. Namun jika gangglion kista di tubuh Anda sampai menimbulkan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas, maka dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk dilakukan tindakan berikut:

    • Imobilisasi/ pembatasan gerak. Ukuran kista ganglion dapat membesar dengan aktivitas berulang di daerah yang sakit. 
    • Aspirasi. Aspirasi atau penarikan cairan ini dapat digunakan sebagai penegak diagnosis sekaligus untuk terapi. Dokter akan menggunakan jarum untuk menarik cairan di dalam kista ganglion hingga ukuran kista mengecil atau bahkan hilang.
    • Operasi. Operasi diindikasikan apabila benjolan menimbulkan rasa nyeri, tergelitik, mati rasa, atau mengganggu aktivitas sehari-hari (terutama bila benjolan terjadi di tangan yang dominan). 

    Semoga informasi ini bermanfaat

    Salam

    dr. Tri Uji Rahayu