Tanya Dokter

  • Pasangan mudah sekali marah

  •  Noval Pratama
    Anggota

    padi dok saya mau bertanya mengenai menjalin hubungan jarak jauh atau ldr... sudah hampir satu tahun saya ldran antara jogja surabaya... bagaimana cara menghadapi pasangan yang mudah sekali sensi atau manyun ketika saya sedang sibuk kuliah atau bekerja dan gak sempet membalas pesan sngkat darinya, sebenarnya dia tau kalau saya sedang sibuk akan tetapi dia masih tetep manyun dan dia sekarang mudah sekali menangis mohon bantuanya...

    Halo,   Hubungan jarak jauh memang akan memberikan beban psikologi sendiri terhadpa pihak yang menjalaninya. Terutama wanita karena mereka mudah merasa sendirian dan kesepian. Untuk ini maka dibutuhkan komitmen kuat dan kedewasaan serta niat dari kedua belah pihak untuk saling berkompromi dan menjaga hubungan ini. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan dan menyenangkan diri Anda berdua antara laina adalah :

    1. Jaga komunikasi. Sesibuk apapun, sempatkan diri Anda untuk mengirim pesan atau melakukan telepon interaksi wajah (skype / videocall) untuk pasangan Anda.  Karena pada dasarnya jika Anda perduli akan kebahagiaan pasangan Anda maka akan selalu ada waktu untuk pasangan Anda sesibuk apapun.
    2. Percaya akan kesetiaan pasangan.
    3. Terbuka satu sama lain.
    4. Berikan pengertian akan kondisi Anda saat ini kepada pasangan agar pasanagn tidak merasa disepelekan atau merasa tidak disayang.
    5. Hibur pasangan Anda.
    6. ikut sertakan pasangan Anda dalam tugas  yang sedang Anda lakukan, misalnya jika Anda kuliah dan membutuhkan bantuan tentang literatur atau sumber untuk bahan kuliah Anda , Anda bisa meminta pasangan Anda untuk mencarikannya, dengan demikian pasangan akan menjadi lebih sibuk, merasa dipercaya dan dihargai.
    7. Tetap optimis akan hubungan jarak jauh Anda.
    8. Saling mengerti akan kondisi masing masing sehingga tercipta hubungan jarak jauh ini. Dengan pengertian akan alasan Anda terpaks melakukan hubungan jarak jauh maka pasangan Anda akan lebih sedikit berkurang secara psikis untuk mencurigai, menyalahkan atau bahkan memutuskan Anda.
    9. Sibukkan diri. Anda bisa mencari hobi baru untuk menyibukkan diri saat pasanagn juga sedang sibuk sehingga Anda tidak akan merasa kesepian.
    10. Saling mengunjungi. Jika jarak tidak terlalu jauh maka bisa saja Anda saling mengunjungi saat libur atau cuti.
    11. Jangan biarkan orang lain mengatur Anda. Banyak pasangan jarak jauh merasa semakin berat menjalaninya akibat pengaruh luar seperti teman atau saudara yang kadang memprovokasi Anda untuk mempertanyakan kesetiaan pasangan Anda. Jangan biarkan mereka mengatur hidup Anda.
    Cobalah metode diatas, walaupun lelah dan berat namun jika Anda bisa melakukannya maka hubungan jarak jauh bisa menjadi hubungan yang menyenangkan dan sehat. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi